unescoworldheritagesites.com

XL Axiata-Askompsi Bagikan Internet Gratis Untuk Pelajar - News

SURABAYA: XL Axiata Tbk (XL Axiata) bekerjasama dengan Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (Askompsi) memberikan paket internet gratis khusus untuk pelajar. Dukungan itu diberikan sebagai bentuk kepedulian mereka dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa pandemi Covid-19.

Menurut Group Head XL Axiata East Region, Bambang Parikesit, pihaknya senantiasa berkomitmen ikut serta dalam mengembangkan dan memajukan dunia pendidikan di Indonesia. "Kami merasa bertanggung jawab membantu meringankan beban masyarakat yang terus berusaha agar anak-anaknya tetap bisa belajar, sekaligus mendukung pemerintah dalam menyelenggarakan proses belajar dan mengajar secara online selama pandemi Covid-19," ujarnya, Kamis (3/9/2020).

Sebelumnya, XL Axiata juga menjalin kerja sama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) untuk menyediakan paket khusus kuota data untuk meringankan beban mahasiswa dan dosen. XL Axiata juga meluncurkan program khusus berupa paket internet gratis bagi pelajar dan mahasiswa.

Program ini berupa paket internet khusus dengan kartu AXIS, yang memungkinkan para pelajar dan mahasiswa mendapatkan kuota data gratis sebesar 30GB yang bisa digunakan untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang paling disering digunakan di PJJ.Program khusus untuk pelajar ini memberikan gratis akses internet selama dua bulan.

Jumlah total kuota gratis sebesar 30GB, yang bisa digunakan para pelajar untuk mengakses berbagai aplikasi penunjang belajar dan PJJ. Aplikasi-aplikasi yang dimaksud biasa dipakai guru mengirimkan materi atau bahan pelajaran, serta mengirimkan tugas, antara lain Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, serta Google Classroom.

Kali ini, penyerahan paket internet gratis khusus kerja sama sengan Askompsi dilakukan di Kota Palu Propinsi Sulawesi Tengah. Acara juga diwarnai virtual conference dengan sejumlah Kepala Dinas Kominfo Provinsi dan beberapa Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, dan pengurus Askompsi.
    
Menurut Bambang Parikesit, proses pembelajaran jarak jauh memang memerlukan terobosan dengan memanfaatkan layanan internet dan teknologi digital. Tapi untuk melaksanakannya, muncul kendala terkait dengan kemampuan masyarakat dalam menyediakan sarana smartphone, membeli paket kuota data, serta kualitas jaringan atau sinyal dari operator yang belum sepenuhnya menjangkau setiap area.

Program kerja sama XL Axiata–Askompsi ini diharapkan bisa memperingan beban sebagian pelajar dan orang tuanya dalam mendapatkan kuota data untuk mengikuti PJJ. Dalam kerjasama ini, akan disalurkan donasi berupa kuota data gratis kepada 260.450 pelajar setingkat SMP dan SMA di lebih dari 1000 sekolah di 28 provinsi.

Data pelajar dan sekolah didasarkan rekomendasi dari Dinas Pendidikan Provinsi. Donasi ini akan disalurkan diantaranya 450 paket untuk pelajar kurang mampu selama empat bulan, dan 260.000 paket akses internet gratis selama dua bulan.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat