unescoworldheritagesites.com

Aceh Timur Perkuat Pertanian Melalui Bimtek Kostratani Dan Kesuburan Lahan - News

 

IDI RAYEUK: Kabupaten Aceh Timur memperkuat sektor pertaniannya dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kostratani dan Bimtek Kesuburan Lahan, 2-3 Juni 2021.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyambut baik kegiatan yang digelar tersebut.

"Kegiatan ini kita harapkan bisa berdampa baik pada peningkatan produktivitas pertanian. Dengan cara itu, ketahanan pangan bisa dijaga," katanya. 

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan Bimtek ini akan turut meningkatkan kapasitas SDM pertanian.

"Peningkatan SDM pertanian itu sangat penting. Karena, SDM adalah faktor pengungkit utama dalam peningkatan produktivitas pertanian. Dan melalui Bimtek, kualitas SDM bisa ditingkatkan," katanya.

Dedi Nursyamsi pun berharap peserta Bimtek untuk menyerap ilmu sebanyak-banyaknya.

"Kemudian terapkan ilmu tersebut di lahan pertanian masing-masing untuk membantu meningkatkan produktivitas," katanya.  

Bimtek BPP Kostratani yang diadakan IPDMP di Aceh Timur, dilaksanakan 2 Juni 2021  di Kecamatan Peurelak . Kegiatan ini diikuti 30 peserta. Peserta BImtek BPP Kostratani ini berasal dari 34 Kecamatan dan 13 BPP lokasi IPDMP yang ada di Aceh Utara. 

Bimtek dibuka Kepala Dinas Penyuluhan Pertanian dan Ketahanan Pangan, Muslim. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahawa kegiatan ini sangat diperlukan dalam menambah pemahaman peserta tentang peran BPP dan Peran penyuluh. 

"Selain itu peserta juga harus memahami tentang Pemupukan berimbang agar tanah dan tanaman tumbuh sehat. Jika tanah sehat maka produksi pun kan optimal. Dengan  pelatihan ini diharapkan penyuluh dan petani semakin maju mandiri dan modern," katanya. 

Fasilitator yang memberikan materi dalam kegiatan ini adalah Fasilitator yang sudah mengikuti Training Of Fasilitator (TOF) BPP Kostatani dan Pemupukan Berimbang DI Ciawi Bogor yang berjumlah 3 orang yaitu Sufyan, Hermansyah dan Syaiful Hamami. Mereka didampingi Narasumber yang sudah mengikuti Training Of Trainer (ToT) BPP Kostratani dan Pemupukan berimbang di Bandung berjumlah 1 orang yaitu Silvia Nora .

Pada hari kedua, 3 Juni 2021, dilaksanakan Kegiatan Bimtek Pengelolaan Kesuburan Lahan yang diikuti oleh 16 orang penyuluh pertanian  yang berasal dari 13 BPP di Kec Aceh Timur. 

Kegiatan ini di buka oleh Kabid Penyuluh pertanian Kab Aceh Utara yaitu Bapak Faisal. Dalam pembukaannya beliau mengingatkan tentang peran penyuluh dalam mensukseskan ketahanan pangan dimana di implementasikan dari lima (5) peran BPP. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat