unescoworldheritagesites.com

HUT Kemerdekaan RI, PJB bagikan Paket Bantuan Senilai Rp2 Miliar - News

SURABAYA: PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) bersama Serikat Pekerja dan Laziz PJB bersinergi membagikan 10.000 paket bantuan kepada masyarakat ring 1 di seluruh unit milik anak perusahaan PLN tersebut. Paket bantuan senilai Rp2 miliar lebih itu dibagikan dalam rangka perayaan hari kemerdekaan RI ke-76 yang bertemakan ‘Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh'.

Menurut Direktur Utama PJB, Gong Matua Hasibuan, kegiatan sosial bertajuk 'PJB Empati, Berbagi di kala Pandemi' itu menggambarkan kepedulian sosial PJB, sekaligus wujud semangat kebangsaan PJB dan seluruh karyawannya untuk saling mendukung antar elemen bangsa di tengah-tengah pandemi. "Kegiatan ini adalah aksi sosial hasil sinergi PT PJB, Lazis, dan serikat pekerja PJB," ujarnya, Kamis (5/8/2021).

Seremoni pemberian donasi dipusatkan di Unit Pembangkit Cirata, Purwakarta, yang diikuti oleh Bupati Purwakarta, Direktur Bisnis Regional Jawa Madura dan Bali PLN, Komisaris PJB dan Direktur Utama PJB, Gong Matua Hasibuan. Turut hadir jajaran Direksi PJB lainnya, anak perusahaan PJB, serta seluruh unit pembangkit di seluruh Indonesia secara daring.

Melalui Zoom, Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura dan Bali PT PLN (Persero), Haryanto WS menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kabupaten Purwakarta. "Terima kasih atas dukungan dan kerja sama dari Pemerintah Kabupaten Purwakarta sehingga PLN dapat selalu eksis menghadirkan listrik untuk masyarakat," ujarnya.

Salah satu dukungan Purwakarta adalah pembangunan PLTS Apung 145 MWac, PLTS terbesar di Asia Tenggara yang akan hadir di Cirata tersebut. Dia memastikan, keberadaan PJB di industri ketenagalistrikan memegang peranan penting khususnya dalam memastikan penyediaan tenaga listrik bagi kebutuhan masyarakat, dan roda pereknomian.

Tapi kali ini, peran PJB untuk ikut memutar roda perekenomian semakin nyata terlihat dengan melibatkan UMKM serta pelaku bisnis pasokan pangan lokal dalam menyediakan kebutuhan sembako untuk donasi. Sejalan dengan hal ini, Komisaris PJB, Defy Indiyanto Budiarto berharap upaya ini dapat menjadi kegiatan yang berkelanjutan, tidak hanya untuk berbagi kepada sesama tetapi juga membantu perekonomian setempat.

Layaknya perusahaan yang menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, kata dia, PJB secara berkala akan melakukan beragam kegiatan sosial untuk terus memulihkan roda perekonomian masyarakat yang terdampak dari pandemi Covid-19.

Sementara, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika ikut mengucapkan rasa terima kasih atas kepedulian PJB. "Hari ini kita menyaksikan langsung kontribusi PT PJB UP Cirata secara kontinyu. Selain selalu menyediakan listrik, PT PJB juga dapat membantu pemerintah dalam meringankan beban masyarakat terdampak pandemi melalui bantuan ini," ujarnya.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dalam rangka merayakan HUT RI yang biasanya diisi lomba-lomba, kali ini lebih mengadakaan kegiatan-kegiatan bermisi sosial. Hal ini dilakukan mengingat bangsa ini masih dalam kondisi pandemi yang menuntut keprihatinan dan dukungan dari seluruh elemen.

Kegiatan donasi yang dilakukan oleh PJB, kata dia, adalah cerminan bahwa PJB akan terus menjadi bagian besar dalam masyarakat Indonesia. "Tidak hanya memasok listrik yang andal namun juga memiliki kepedulian terhadap kondisi sosial masyarakat," ujarnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat