unescoworldheritagesites.com

Tingkatkan Pelatihan Petani Di Desa, Kementan Perkuat Sarpras IT P4S - News

KOLAKA UTARA: Kementerian Pertanian fokus dalam peningkatan kapasitas SDM Pertanian, salah satunya dilaksanakan melalui upaya pengembangan kelembagaan Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S).  

Mewujudkan hal tersebut, Kementan melalui BPPSDMP, dukung IT dan sarana pembelajaran bagi P4S untuk peningkatan kualitas SDM pertanian di desa.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan peningkatan kualitas SDM menjadi salah satu fokus Kementan. 

“Dengan SDM pertanian yang berkualitas, kita akan meningkatkan produktivitas pertanian,” tegas Mentan Syahrul.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, memperjelas hal tersebut.

"Penguatan kelembagaan P4S merupakan suatu rangkaian memperkuat kelembagaan pelatihan pertanian swadaya melalui kegiatan apresiasi, sosialisasi, fasilitasi, pendampingan kelembagaan, pelatihan, permagangan, pengkaderan, penyuluhan, diseminasi teknologi tepat guna," katanya.

Mendukung Program Utama Kementerian Pertanian, BPPSDMP melalui Program Rural Empowerment and Agricultural Development Scaling Up Initiative (READSI) hadir di 6 Provinsi dan 18 Kabupaten bertujuan meningkatkan penghidupan petani di daerah sasaran. 

Diantaranya mendorong keterlibatan perempuan, perbaikan gizi keluarga hingga penguatan kegiatan simpan pinjam kelompok tani. READSI juga memberikan dukungan dalam kegiatan penumbuhkembangan P4S di lokasi Program READSI.

Dedi Nursyamsi menjelaskan, penguatan sarana IT dan sarana pembelajaran P4S meningkatkan kualitas pelatihan permagangan secara terus menerus, sehingga P4S mampu menjadi pusat pelatihan pertanian yang berkualitas.

Penyerahan Sarana Prasarana dilakukan di 3 lokasi P4S komoditi Kakao wilayah Program READSI, di Desa Koroha, Desa Awo dan Desa Kalukaluku, Kecamatan Kodeoha, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara. 

Penyerahan sarana prasarana tersebut langsung diberikan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku bersama Program READSI Kepada Ketua P4S.

Bantuan yang diberikan berupa Laptop, Proyektor, screen LCD, Printer, sound wireless dan kursi. 

"Semoga bantuan ini dapat membantu dan meningkatkan kualitas belajar dan pendampingan petani dan  Ketua P4S harus mampu mempengaruhi anggota anggota P4S sendiri untuk selalu berkarya, memberikan contoh bagi masyarakat, serta mampu menjalin kerja sama dengan mitra P4S di 3 P4S yaitu, Serli Tani, Tanindo Global dan Meohai," harap Alif, perwakilan Program READSI.

BBPP Batangkaluku sebagai pembina dari P4S di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2021 telah melakukan pembinaan  di beberapa P4S sebagai langkah untuk menumbuh kembangkan kelembagaan P4S.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat