unescoworldheritagesites.com

Peserta BPJamsostek Di Kabupaten Gresik Kini Bisa Melakukan Pembayaran Di Agen BRILink - News

Suasana saat peluncuran sinergi kanal pembayaran BPJamsostek dengan BRILink.


: BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) memanfaatkan 525 ribu agen BRILink sebagai salah satu kanal pembayaran iuran. BPJamsostek Cabang Gresik memastikan penambahan kanal pembayaran ini bakal semakin mempermudah peserta untuk membayar iuran karena karena agen BRILink juga tersebar ke pelosok kelurahan dan desa di Kabupaten Gresik.

Sinergi tentang kanal pembayaran ini, secera resmi sudah diluncurkan Direktur Kepesertaan BPJamsostek Zainudin bersama Institutional and Wholesale Business Director Bank BRI, Agus Noorsanto secara hybrid, pada Selasa (8/3/2022) lalu. "Fitur pembayaran iuran melalui agen BRILink ini kian melengkapi beragam kanal yang telah dimiliki oleh BPJamsostek," ujar Zainudin.

Peserta BPJamsostek kini dapat dengan leluasa memilih kanal pembayaran mana yang lebih mudah mereka gunakan. Kerjasama ini dipastikan akan terus berlanjut, karena Bank BRI juga memiliki concern yang sama, yaitu sektor UMKM dan pekerja informal.

Baca Juga: BPJamsostek Mojokerto Gelar Sosialisasi Kanal Pembayaran Dan Good Governance

Pembayaran iuran melalui agen BRILink, kata dia, sangat mudah. Untuk peserta Bukan Penerima Upah (BPU) cukup datang ke warung atau outlet Agen BRILink terdekat dengan menunjukkan KTP atau kartu peserta dan membayar sesuai dengan nominal iuran yang tertera. Selain itu agen BRILink juga melayani pembayaran iuran untuk pekerja Penerima Upah (PU). Caranyapun hampir sama, peserta atau pengurus perusahaan cukup membawa kode iuran yang telah didapatkan dan membayar sesuai tagihan.

Dalam kesempatan yang sama Agus Noorsanto menyatakan kesiapannya untuk mendukung BPJamsostek dalam menjangkau seluruh pekerja hingga daerah pelosok. “Kerjasama ini diharapkan bisa mempermudah pekerja, nggak usah datang ke kantor-kantor bank, cukup datang ke agen-agen kita yang letaknya rata-rata di pemukiman, dekat masyarakat sehingga mudah dijangkau,' ujarnya.

Zainudin juga optimis, bahwa kerjasama ini secara tidak langsung akan mendorong peningkatan jumlah kepesertaan BPJAMSOSTEK khususnya pekerja BPU. Hal tersebut tentunya juga didukung oleh aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) yang memungkinkan pekerja BPU untuk mendaftar menjadi peserta BPJAMSOSTEK menggunakan smartphonenya.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Driyorejo Gresik Sosialisasi Kanal Pembayaran Di Kalangan Petani

Dengan kemudahan-kemudahan ini, Zainudin mengajak seluruh pekerja untuk segera mendaftar menjadi peserta BPJamsostek untuk memperoleh beragam manfaat program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), diantaranya, perawatan dan pengobatan tanpa batasan biaya sesuai kebutuhan medis, santunan pengganti upah selama tidak bekerja, santunan kematian sebesar 48x upah hingga manfaat beasiswa bagi 2 orang anak.

Selain itu peserta yang ikut dalam program Jaminan Hari Tua (JHT) juga bisa mendapatkan Manfaat Layanan Tambahan (MLT) berupa bunga ringan untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Pinjaman Renovasi Perumahan (PRP) dan Pinjaman uang muka perumahan (PUMP).
Kehadiran layanan BPJamsostek dekat dengan pekerja, diharapkan semakin banyak pekerja yang terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan sehingga mereka dapat bekerja dengan tenang dan memiliki hari tua yang sejahtera.

Pada bagian lain, Kepala BPJamsostek Cabang Gresik, M Imam Saputra mengakui, agen BRILink yang tersebar hingga ke desa dan perkampungan, akan mempermudah pesertanya melakukan pembayaran. "Pekerja peserta BPJamsostek tak perlu lagi datang jauh-jauh ke kota hanya untuk melakukan pembayaran. Cukup kunjungi saja Agen BRILInk yang ada di kampungnya," ujarnya.

Pihaknya berharap, penambahan kanal pembayaran yang semakin mendekati permukiman ini bakal ikut mendorong penambahan kepesertaaan BPJamsostek terutama untuk sektor Bukan Penerima Upah (BPU). “Semoga dengan kerjasama ini, semakin banyak pekerja di wilayah Gresik yang terlindungi program BPJamsostek," ujarnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat