unescoworldheritagesites.com

Para Bapak Demo Masak Kuliner Bandeng, Menarik Perhatian Menteri Kelautan Dan Perikanan Sakti Trenggono - News

Setelah nonton demo masak, Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono didampingi Plt BKIPM Hari Maryadi meluncurkan Quality Assururance di kampung nelayan Gresik  (BKIPM )

: Beragam produk olahan ikan bandeng yang menggugah selera tersaji di lapak bazar UMKM perikanan di Pudak Gallery Gresik pada Kamis, (21/4/2022).

Uniknya, demo masak kuliner bandeng ini dilakukan oleh bapak-bapak pelaku UMKM perikanan. Acara ini merupakan rangkaian dari kegiatan Safari Ramadhan 2022 sekaligus peluncuran Quality Assurance (QA) Kampung Bandeng di Gresik, Jawa Timur oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono didampingi Hari Maryadi, Plt Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) serta Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani.

Baca Juga: Mantul, Safari Ramadhan KKP Melalui BKIPM Luncurkan Quality Assurance Di Kampung Bandeng

Menteri Trenggono mengatakan keberadaan UMKM telah terbukti mendukung ketahanan perekonomian negara di tengah kondisi pandemi. Untuk itu harus terus diupayakan peningkatan bukan hanya dari sisi kuantitas, namun dari segi kualitas produk perikanan yang dihasilkan pelaku UMKM.

"Jadi, tadi saya juga melihat tempat pelatihan masak olahan bandeng. Pada intinya pelatihan para pelaku atau calon pelaku usaha penting untuk memastikan produk UMKM, khususnya di Gresik ini dapat tersertifikasi, jadi dari segi kualitas, mulai dari pembibitan sampai produk akhir itu berkualitas, enak dimakan tentunya," ujar Menteri Trenggono.

Baca Juga: Kunjungan Di Pemalang, KKP Genjot Ekspor Produk Perikanan, Melalui BKIPM Bagikan 247 Sertifikat CPIB

Untuk itu, peningkatan layanan sertifikasi menurutnya sangat penting, guna mendongkrak kinerja ekspor produk perikanan dari Provinsi Jawa Timur, khususnya Gresik.

"KKP ini melalui Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) harus berupaya semaksimal mungkin, dorong UMKM di Gresik ini agar segera tersertifikasi, ini penting, ekspor hasil perikanan kita agar meningkat," ujar Menteri Trenggono.

Sementara itu, Plt. Kepala BKIPM Hari Maryadi mengatakan, Gresik memiliki banyak UMKM perikanan dengan berbagai produk perikanan yang berpotensi ekspor. Target BKIPM ke depan adalah ikan dan produk perikanan yang diproduksi/ditangkap dan diolah bebas hama penyakit ikan ber berbahaya, memenuhi syarat mutu dan berorientasi ekspor.

"Untuk itu diperlukan upaya berkesinambungan untuk mendorong UMKM perikanan lainnya untuk bisa memenuhi persyaratan jaminan mutu hasil perikanan sesuai standar ekspor sesuai arahan Bapak Menteri Trenggono," terang Hari.

Di akhir acara, Menteri Trenggono didampingi Hari juga menyerahkan 289 sertifikat CPIB(Cara penanganan ikan yang baik), 28 sertifikat HACCP (Hazard analitical critical control point) serta 6 sertifikat CKIB (Cara karantina ikan yang baik) kepada pelaku usaha UMKM dan suplier perikanan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat