unescoworldheritagesites.com

Telah Launching UMIK Hebat Untuk Membantu UMKM dan IKM Kota Probolinggo - News

 

: Baru baru ini Kota Probolinggo telah mengenalkan "Galeri Dekranasda" dan "Umik Hebat". Launchingnya kedua program ini sangat di support penuh oleh Pemerintah Kota Probolinggo yakni Habib Hadi Zainal Abidin beserta istrinya, Aminah yang kini menjadi Ketua dari gerai Dekranasda.

Dengan hadirnya kedua program ini, diharapkan dapat membantu mengembangkan usaha UKM dan IKM masyarakat Kota Probolinggo.

Peresmian Galeri Dekranasda dan Umik Hebat, dilakukan bersamaan dengan event Kemilau Kriya Kota Probolinggo. Disamping itu ada pula beberapa kegiatan yang turut mensupport seperti kegiatan lomba memasak, lomba melukis 77 pasang sepatu, dan lomba mewarnai.

Kegiatan tersebut dilakukan di sekitar lokasi gerai, yakni alun alun Kota Probolinggo, tepatnya di depan Stasiun.

Aminah mengatakan, Kemilau Kriya ini merupakan upaya untuk menggali, melestarikan, membina, mendorong pertumbuhan dan perkembangan, serta mempromosikan produk unggulan Kota Probolinggo, utamanya di sektor kerajinan.

“Produk kearifan lokal ini diharapkan dapat lebih mempunyai daya saing di pasar global, dengan menciptakan produk yang memiliki ciri khas, dan dikelola dengan sumber daya manusia yang baik, dengan menfaatkan era digital dan juga menggunakan pola pemasaran yang baik,” ucap Aminah.

Habib Hadi Zainal Abidin menyatakan, konsep kedua program ini sebagai jawaban konkrit kegelisahan UMKM dan IKM dalam memasarkan produk.

“Tujuan program ini untuk menciptakan pasar dari produk UMKM dan IKM yang kita bina. Pemkot sejauh ini tidak hanya melakukan pembinaan dan pelatihan saja. Tapi juga memikirkan bagaimana produk ini laku dipasaran,” kata Wali Kota Habib Hadi.

Kepala DKUPP Fitriawati, mengatakan, Perangkat Daerah semaksimal mungkin berupaya memfasilitasi masyarakat terutama membangkitkan ekonomi UMKM.

“Jadi kita mengajak mereka untuk gelar produk. Ini salah satu upaya, selain promosi produk juga bisa membantu untuk penjualan produknya. Dengan keberadaan galeri juga menjadi solusi atas kebingungan masyarakat dalam mencari oleh-oleh, maka bisa ke galeri ini,” terangnya.

Fitriawati berencana akan menggandeng Dispopar agar wisatawan yang berkunjung ke Kota Probolinggo bisa diarahkan ke pusat oleh-oleh dan galeri dekranasda. Dan akan mengenalkan aplikasi Umik Hebat untuk memudahkan wisatawan yang ingin berbelanja online. 

“Jadi masyarakat kalau mau beli tidak harus kesini tetapi bisa membeli lewat aplikasi. Sekitar 40 UMKM yang sudah terdaftar di aplikasi ini, jadi masyarakat hanya tinggal melihat dan order saja,” tutup Fitriawati.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat