unescoworldheritagesites.com

Telkom Indonesia Lewat MDI Ventures Sukses Bantu 25 Startup Lokal Raih Pendanaan - News

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (kedua dari kiri), Direktur Digital Business Telkom M. Fajrin Rasyid (ketiga dari kanan), CEO MDI Ventures Donald Wihardja (kedua dari kanan),

: Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui entitas anak usahanya MDI Ventures membantu penyaluran investasi bagi startup tanah air, sekaligus mengakselerasi kemajuan ekonomi digital di Indonesia.

Sejak Juli 2022, Telkom Group telah mempertemukan ratusan startup nasional dengan jajaran investor lokal hingga internasional. Imbasnya 25 startup tanah air berhasil meraih pendanaan Rp6,19 triliun ($399 juta) untuk tahap pra-awal (pre-seed) hingga Seri-C.

Menurut Dirut Telkom, kata Ririek Adriansyah, menyatakan bahwa Telkom memiliki peran sebagai salah satu tulang punggung digitalisasi Indonesia. "Oleh karena itu, kami terus bersikap proaktif dalam membaca potensi pasar dan menilik berbagai peluang untuk melakukan ekspansi bisnis," ujarnya, Rabu (16/11/2022).

Baca Juga: Lirik Lagu Bintang Kehidupan by Nike Ardilla Yang Melegenda

Melalui berbagai inisiatif dan kolaborasi dengan berbagai pihak, sejalan dengan visi B20 Summit, pihaknya mampu memfasilitasi pencapaian pendanaan yang luar biasa bagi para pelaku startup di Indonesia. "Ini merupakan sebuah kebanggaan dan wujud komitmen nyata kami untuk terus mengakselerasi digitalisasi dalam negeri,” kata dia lagi.

Sebelumnya, bersamaan dengan event B20 Summit, Telkom mengundang perwakilan investor, investor global, dan startup binaan MDI Ventures untuk menandatangani nota kesepahaman penyaluran investasi tersebut. Hadir dalam acara ini adalah Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah, Direktur Digital Business Telkom M. Fajrin Rasyid, Direktur Wholesale & International Service Telkom Bogi Witjaksono, dan CEO MDI Ventures Donald Wihardja.

Sebagai wujud nyata penyaluran investasi, dalam acara tersebut hadir pula Marshall Pribadi, CEO Privy, selaku perwakilan startup Indonesia, dan Kirby Lam, Asia Technology Growth Investor at KKR & Co. Inc., yang menjadi perwakilan dari investor internasional.

Baca Juga: Lirik Lagu Care Bebek by Jejeg Bulan yang Mendadak Viral

Keduanya meresmikan penutupan putaran pendanaan Seri-C untuk memperkuat posisinya sebagai startup penyedia layanan tanda tangan digital dan identitas digital di Indonesia. MDI Ventures, Telkomsel Mitra Inovasi (TMI), dan investor lainnya juga turut berpartisipasi dalam putaran pendanaan ini.

Menteri BUMN RI Erick Thohir mengapresiasi langkah Telkom bersama MDI Ventures. Investment agreement dengan nilai tidak sedikit mencapai 399 juta dollar ini, kata dia, tentunya bukti nyata bahwa Telkom serius dalam mendukung perkembangan ekosistem startup merah putih.

"Pencapaian ini sejalan dengan semangat dan arahan Bapak Presiden Jokowi untuk mengundang sebanyak-banyaknya investasi ke Indonesia dan hal tersebut dapat kita lihat dari apa yang sudah Telkom lakukan," ujarnya.

Baca Juga: Lirik Lagu Hampa by Ari Lasso yang Kembali Viral

Beberapa inisiatif TelkomGroup dalam mendukung rangkaian acara B20 di antaranya MDI-Telkom Business Match Working 2022, pertemuan online 1-on-1 serta sesi pitching, Indigo Demo Day 2022, NXC International Summit 2022, dan HUB.ID Summit 2022.

Dari total pendanaan $399 juta, mayoritas di antaranya (92,8%) merupakan pendanaan Seri lanjutan (A-C), sementara sisanya merupakan pendanaan tahap awal. Para investor dinilai memiliki kepercayaan tinggi terhadap iklim perkembangan ekonomi digital di Indonesia, dan startup dalam negeri dipercaya memiliki daya saing global dan potensi pasar yang kuat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat