unescoworldheritagesites.com

Ninja Xpress Berikan Tips Cara Jitu Beriklan di TikTok Shop - News

Ilustrasi

 


: Ninja Xpress membantu para shipper untuk meningkatkan penjualannya membagikan strategi jitu beriklan di TikTok Shop. Beriklan sendiri bertujuan untuk Awareness, Consideration, Conversion.

Menurut TikTok Ads Specialist di TikTok Ads Expert Agency, Ainun, untuk beriklan harus dipastikan tujuannya yang benar, agar tidak menghabiskan uang percuma tanpa adanya return of ad spend (ROAS). "Awareness adalah tahapan beriklan untuk menjangkau orang sebanyak mungkin dengan cara memperkenalkan, menginformasikan atau meninggalkan kesan positif," ujarnya, kemarin.

Sedangkan Consideration dilakukan untuk mendapatkan pertimbangan banyak orang dalam melakukan tindakan diinginkan misalnya mengarahkan orang ke URL atau link tertentu. Dan terakhir Conversion digunakan untuk mengarahkan orang melakukan tindakan berupa add to cart, submit form, initiate checkout, atau bahkan complete payment.

Baca Juga: Lirik Lagu Bintang Kehidupan by Nike Ardilla Yang Melegenda

Untuk beriklan, kata dia, perlu disiapkan anggaran minimum Rp200.000 per harinya untuk Ad Group Budget Optimization (ABO). Karena TikTok tidak bisa menerima kurang dari anggaran tersebut. Selain itu, ada juga Campaign Budget Optimization (CBO), dengan budget Rp500.000 per hari yang harus dipersiapkan.

Anggaran pada level ABO memperbolehkan kamu menentukan sendiri anggaran yang akan dihabiskan untuk suatu ad group tertentu. Sedangkan anggaran CBO akan didistribusikan secara otomatis oleh TikTok ke ad group dengan performance paling baik untuk menghasilkan cost per conversion paling murah.

Sesorang nantinya akan diminta menentukan penayangan iklan (placement) di di FYP TikTok, Babe atau news placement di mana iklan akan muncul di apps Babe atau apps news dari TikTok. Atau pangle placement di mana iklan akan muncul di ad network atau apps yang memiliki hubungan dengan TikTok.

Baca Juga: Lirik Lagu Care Bebek by Jejeg Bulan yang Mendadak Viral

Menurt Ainun, beriklan di TikTok memang terbilang cukup mahal dengan anggaran minimum per hari yang paling terjangkau adalah Rp200.000 atau sekitar enam hingga tujuh juta per bulan. Agar tidak merugi saat beriklan di TikTok, Ainun menyarankan untuk tidak selalu menjalankan iklan always-on di TikTok.

Ia juga mengingatkan agar menyesuaikan pengeluaran modal dengan perencanaan yang sudah dibuat. Jika dianggap terlalu mahal, iklan dapat dijalankan pada saat-saat tertentu seperti Easter Sale, Valentine’s Day Sale, atau tanggal kembar 7.7; 11.11; 12.12; dan sebagainya. 

Ainun juga menyoal tentang media plan biasanya digunakan untuk memperhitungkan biaya yang dapat dikeluarkan untuk beriklan dan target yang harus dicapai. Sehingga anggaran yang dikeluarkan menghasilkan keuntungan atau setidaknya balik modal.

Baca Juga: Lirik Lagu Satru 2 'Nek kangen ngomong kangen, rasah tukaran ae' by Denny Caknan feat Happy Asmara


"Setelah mempertimbangkan biaya yang akan dikeluarkan, maka ini akan sangat membantu membuat strategi yang tepat dalam menjalankan kampanye," ujarnya. 

Iklan di TikTok, kata dia, juga harus eye-catching dan menyenangkan bagi para penonton yang melihat dalam waktu sepersekian detik pertama. "Tiga poin penting yang mempengaruhi ketertarikan pengguna TikTok terhadap iklan adalah kreativitas dalam menghadirkan bentuk iklan yang, konten iklan up to date dengan tren yang selalu berubah, dan tidak terlihat sebagai bisnis namun sebagai content creator," ujarnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat