unescoworldheritagesites.com

Seller Booster Creativ Hub Surabaya, Fasilitas Terkini Ninja Express untuk Para UKM Jawa Timur - News

Ribka Pratiwi, Head of Public Relation Ninja Xpress (kiri) bersama perwakilan Dinas Koperasi dan UKM Jatim saat melihat pembuatan video produk UKM.

 

: Ninja Xpress membantu perluasan pasar kalangan UKM dengan membuka layanan Seller Booster Creative Hub di Kota Surabaya. Perusahaan jasa pengiriman last-mile terkemuka di Indonesia ini sengaja menyediakan layanan foto dan video produk UKM tersebut secara gratis, untuk mendukung pemasaran secara digital.

Seller Booster Creative Hub ini merupakan bagian dari layanan Ninja Xpress Seller Booster sebagai solusi dari tantangan yang dihadapi UKM Jawa Timur dan Surabaya. Semua UKM yang bergabung dengan ekosistem Ninja Xpress dapat memperoleh beragam fasilitas secara gratis.

Mulai dari pengambilan foto dan video profesional, iklan online dan offline, mega influencer, Kolaborasi Lokal Punya (KLOP), masterclass, hingga pengelolaan media sosial. Termasuk pengembangan situs web, dan penyelenggaraan events.

Baca Juga: Shipper Tawarkan Solusi Ekspedisi Dan Pergudangan Bagi Pelaku UMKM

"Ninja Xpress Seller Booster dilaunching agar UKM tidak rugi. Kita juga suport para pelaku UKM itu mulai dari pinjaman modal hingga bisnis solution," ujar Ribka Pratiwi, Head of Public Relation Ninja Xpress, Rabu (21/9/2022).

Data Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur menyebutkan bahwa UKM memberikan kontribusi 57,81 persen atau Rp1.418,94 triliun terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jatim pada tahun 2021.

Jumlah ini meningkat dari 57,25 persen atau Rp1.361,39 triliun di tahun 2020. Aktivitas UKM bahkan mampu menyerap 97% tenaga kerja se-Jawa Timur, dan urabaya menjadi salah satu dari lima kota/kabupaten dengan nilai tambah UKM terbesar.

Baca Juga: Lirik dan Chord Gitar Lagu Tabir Kepalsuan - Rhoma Irama

Ada sekitar 9,8 juta UKM di Jawa Timur, namun baru 46 persen yang masuk ekosistem digital. Padahal digitalisasi berperan penting untuk memperluas pasar UKM agar mereka dapat bertumbuh.

Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur menyebutkan bahwa pemasaran menjadi salah satu kendala yang dihadapi UKM. Hasil ini sejalan dengan laporan Suara UKM Negeri yang mengungkapkan bahwa 57% UKM memerlukan bantuan promosi digital.

Mereka ingin berpromosi menggunakan iklan melalui Facebook/Instagram dan 56% menginginkan bantuan kolaborasi dengan influencer/KOL melalui media sosial untuk mempromosikan produknya.

Baca Juga: Lirik dan Chord Gitar Lagu Ojo Nangis - Denny Caknan feat Ndarboy Genk

Menurut Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress menyebut bahwa kondisi geografis Kota Surabaya sangat mendukung perluasan pasar dan potensi ekspor UKM daerah. "Ninja Xpress berharap kehadiran Seller Booster berupa Creative Hub di Kota Surabaya dapat membantu para pelaku UKM melakukan pemasaran lebih baik lagi khususnya melalui digital," ujarnya.

Hingga Juli 2022, lebih dari 50.000 produk yang berasal dari lebih dari 5.000 UKM sudah diambil foto dan videonya secara profesional di seluruh Indonesia. Mayoritas produk yang minta difoto dan videokan secara profesional di Creative Hub itu terutama dari kategori fesyen, herbal, dan makanan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat