unescoworldheritagesites.com

Stok BBM pada Libur Nataru Aman, Pemerintah Dirikan 4 Posko Penting, Apa Saja Tugasnya? - News

Kepala BPH Migas Erika Retnowati pada pembukaan Posko Nasional Nataru Sektor ESDM di gedung BPH Migas  (Sadono )

:  Ketua Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH MigasErika Retnowati mengatakan, pihaknya menjamin bahwa stok bahan bakar minyak (BBM) menjelang hari raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru),  dalam kondisi aman.

“Secara umum kondisi stok ketahanan BBM aman. Baik itu gasoline, gasoil, kerosene, maupun avtur, dengan ketahanan stok di atas 17 hari. Kalau Pertalite dan Solar sekitar 20 sampai 21 hari,” ungkap Erika dalam pembukaan Posko Nasional Nataru Sektor ESDM di gedung BPH Migas, Jakarta Selatan pada Senin (19/12/2022).

Baca Juga: Masih Bakal Membubungkah Harga Tiket Pesawat Libur Nataru Walau Sudah Ada Putusan KPPU

Sebagaimana diketahui setiap menjelang Nataru, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral  menyelenggarakan Posko Nasional Sektor ESDM dengan menujuk  BPH Migas sebagai koordinator pelaksana.

Posko Nasional ESDM Hari Raya Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023 ini berlangsung selama 17 hari, yaitu 19 Desember 2022 – 4 Januari 2023 di Gedung BPH Migas, Jalan Tendean Jakarta Selatan.

Baca Juga: Rapat Nataru, Kapolri : 44 Juta Orang akan Berpergian

Ada empat Posko yang digelar, yaitu Posko BBM, Posko LPG dan Gas Bumi, Posko Listrik dan Posko Antisipasi Bencana Geologi.

Erika Retnowati menyatakan, dalam pelaksanaan kegiatan Posko Nasional Sektor ESDM ini, penting untuk bersinergi agar pelaksanaan Posko berjalan lancar.

“Sinergitas ini baik internal maupun eksternal seperti Korlantas Polri terkait dengan adanya rute-rute yang dilakukan pembatasan ataupun titik-titik kemacetan,” ujarnya.

Adapun sinergi dengan Kementerian Perhubungan baik Perhubungan Darat, Laut dan Udara terkait dengan peningkatan aktivitas pergerakan orang dengan transportasi umum maupun transportasi pribadi.

Selain itu, sinergi dengan Badan Pengatur Jalan Tol dan PT Jasa Marga terkait dengan Jalur Tol dan Fasilitas Rest Area di Ruas Tol.

Erika memaparkan, secara Umum Kondisi Ketahanan Stok BBM Aman, baik Gasoline, Gasoil, Kerosene maupun Avtur, dengan Ketahanan Stok di atas 17 Hari. Diprediksi akan terjadi peningkatan Demand Harian BBM selama Nataru, Gasoline kurang lebih 5%, Kerosene kurang lebih 4 % dan untuk Avtur kurang lebih 50% sementara Gasoil diperkirakan turun sekitar 3 %.

Kondisi stok LPG Nasional dijaga dalam kondisi aman, dengan coverage days LPG Nasional berkisar 15 sampai dengan 17 hari. Ketersediaan LPG dijaga dengan penambahan pasokan LPG, baik fakultatif maupun extra dropping (apabila diperlukan).

Rata-rata alokasi harian Agen/Penyalur LPG Tabung 3 Kg untuk bulan Desember 2022 lebih tinggi 8,97% dari bulan November 2022.

Kegiatan Niaga Aman

Kegiatan Niaga, Pengangkutan, Penyimpanan dan Penyaluran Gas melalui Pipa maupun melalui SPBG beroperasi Aman dan Normal serta Berfungsi Baik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat