unescoworldheritagesites.com

Rachmat Hidayat Salurkan Bantuan Modal UMKM dan Beasiswa Ratusan Juta di Gumi Patuh Karya - News

Anggota DPR RI Dapil Lombok H Rachmat Hidayat bersama penerima modal UMKM di Lotim. (Suara Karya/Istimewa)

: Anggota DPR RI dari PDI Perjuangan H Rachmat Hidayat terus berkhidmat memberdayakan dan membantu masyarakat di Pulau Lombok. Kali ini, politisi kharismatik Bumi Gora ini memberikan bantuan modal usaha untuk UMKM dan memberi beasiswa bagi pelajar yang sedang menempuh pendidikan jenjang SMA sederajat.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan Kamis (29/12/2022) di Lombok Timur. Ada tiga jenis bantuan yang disalurkan. Yakni bantuan modal usaha yang merupakan program Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA) senilai Rp 342 juta untuk 57 keluarga penerima manfaat, bantuan modal usaha sebesar Rp 70 juta untuk 70 pelaku UMKM, dan beasiswa senilai Rp 50 juta untuk 50 pelajar.

“Bantuan-bantuan modal usaha ini diharapkan akan meningkatkan pendapatan masyarakat melalui usaha yang berkelanjutan, sehingga pada akhirnya akan mewujudkan kemandirian masyarakat dan memutus rantai kemiskinan,” imbuh Rachmat.

Baca Juga: Kasad Jenderal Dudung Buka Expo UMKM di Banten, Canangkan 1.000 Angkringan dan Sumur Bor

Anggota Komisi VIII DPR RI yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan NTB tersebut mengupayakan bantuan untuk masyarakat ini melalui program aspirasinya sebagai Anggota DPR RI dengan menggandeng mitra kerja di Komisi VIII yakni Kementerian Sosial dan Badan Amil Zakat Nasional.

Baca Juga: CSR Bank Jatim Untuk CO Working Space PLUT UMKM Batu dan Rehabilitasi Rumah Warga Jember

Rachmat mengatakan, penerima bantuan modal usaha senilai Rp 6 juta diharapkan mampu didorong untuk naik kelas menjadi mandiri. Sebanyak Rp 5,5 juta dari nilai bantuan tersebut diberikan dalam bentuk modal keperluan usaha, seperti peralatan untuk menopang usaha yang mereka jalankan. Sementara Rp 500 ribu sisanya ditransfer langsung ke rekening penerima bantuan untuk menopang penguatan modal.

Penerima bantuan modal usaha PENA ini khusus untuk mereka yang memiliki usaha di bidang makanan, kerajinan, jasa, pertanian, dan peternakan. Sementara bantuan modal UMKM diberikan kepada masyarakat yang menjadi pelaku usaha mikro skala rumahan. Sedangkan beasiswa untuk para pelajar yang sedang menempuh pendidikan di bangku sekolah menengah atas.

“Bantuan modal UMKM dan beasiswa, sudah ditransfer ke rekening seluruh penerima bantuan tanpa ada pemotongan sedikitpun,” kata Rachmat.

Proses penyerahan bantuan ini berlangsung dalam suasana penuh kekeluargaan. Bahkan acap disertai canda tawa. Nyaris seluruh penerima bantuan modal usaha adalah kaum perempuan. Sementara untuk para penerima beasiswa, yang datang tidak hanya siswa penerima. Melainkan juga orang tua mereka.

Tim dari Sentra Paramita Mataram, unit kerja milik Kementerian Sosial, hadir secara langsung dalam penyerahan bantuan ini. Sementara Rachmat didampingi Wakil Ketua II DPC PDIP Lombok Timur Ahmad Amrullah, politisi muda di Gumi Patuh Karya yang namanya sedang naik daun.

Para penerima menyambut bantuan ini dengan penuh rasa syukur. Raut wajah mereka pun memancarkan aura kegembiraan tiada henti. Wijaya Kesuma misalnya. Siswa SMKN 1 Selong tersebut mendapat beasiswa senilai Rp 1 juta.

“Beasiswa ini akan saya pakai untuk membayar SPP,” kata siswa kelas III jurusan Teknik Bangunan tersebut.

Kedua orang tua Wijaya turut hadir dalam penyerahan bantuan beasiswa tersebut. Keluarga ini begitu bersuka cita. Wijaya menuturkan, ini adalah beasiswa yang pertama diterimanya selama menempuh pendidikan. Dan beasiswa ini benar-benar sangat bermanfaat. Sebab, saban bulan, Wijaya harus membayar SPP sebesar Rp 200 ribu di sekolahnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat