unescoworldheritagesites.com

PLN Icon Plus, Sukses Gerak Cepat Ubah Image PLN Jadi Progresif - News

Dirut PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi (Syamsudin walad)

: Dahulu bagi kebanyakan orang, kata PLN yang terpikir dibenak mereka adalah listrik dan subsidi. Kini kesan itu mulai sirna setelah kiprah dan prestasi bisnis PLN merambah ke berbagai layanan digitalisasi, smart green dan transisi energy lewat PLN Icon Plus.

Sepak terjang PLN Icon Plus yang penetrasinya begitu cepat membuat image PLN sedikit banyak mulai berubah tidak lagi sebagai sekadar penyedia listrik dan subsidi, tetapi menjadi perusahaan yang progresif dan menjanjikan. Terlebih pengembangan bisnis PLN Icon Plus ke mana-mana. Seperti kata sang Dirut PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi "Delivery Semua Layanan, One Stop Service Digitalisasi".

Hal tersebut dikatakan Ari Rahmat saat acara "Direksi Menyapa Media” pada malam harinya bertempat di Icon Hub Jabarano Cofee Braga Bandung disela Media Gathering PLN Icon Plus, Jumat (1/12/2023).

Ari Rahmat yang ditemani Direktur Manajemen Human Capital dan Administrasi Daru Tri Tjahjono dan Corporate Secretary Heni Utari Ambarwati, memaparkan sederet pengembangan bisnis PLN Icon Plus. Pada kesempatan itu Ari Rahmat juga menjelaskan soal “Transformasi PLN Icon Plus Menjadi Pemimpin dalam Bisnis Konektivitas, Digital, dan Transisi Energi”.

Baca Juga: PLN Icon Plus Media Gathering, Menjalin Komunikasi Memberi Nilai Tambah

Ari Rahmat memaparkan bahwa dalam setahun, PLN Icon Plus berhasil berubah dari penyedia Connectivity Only menjadi penyedia solusi Smart and Green, menjadi pemimpin dalam Digitalisasi dan Transisi Energi. Ari Rahmat menyatakan harapannya bahwa PLN Icon Plus siap menjadi bagian integral dalam mendukung transisi energi melalui solusi pintar dan inovatif seperti smart home, smart building, internet fiber optik, dan solusi energi bersih melalui PV rooftop.

Dengan semangat untuk terus berkontribusi pada pembangunan dan menginspirasi generasi muda, PLN Icon Plus optimis menghadapi tantangan dan meraih kesuksesan di masa depan. Terlebih Icon Plus juga mampu menjangkau daerah pelosok di wilayah Indonesia. Seperti halnya di pulau Lepar Bangka Selatan, dengan jumlah penduduk sekitar 6.000 orang. Di sini layanan PLN Icon Plus, Iconnet sudah bisa masuk, bahkan Bupatinya sampai menegaskan 100% iconnet.

"Layanan internet di pulau tersebut 100 persen adalah Icon. Di sana, PLN membangun kabel bawah laut, yaitu kabel listrik plus iconnet," ujar Ari Rahmat.

Baca Juga: ini Langkah Pemprov DKI Hadapi Musim Hujan dan Penanggulangan Banjir

"Selain itu, ada Pulau Untung Jawa dan pulau-pulau di Kepulauan Seribu. Kita juga menjangkau wilayah-wilayah yang jarang sekali didengar di wilayah Kalimantan dan Sulawesi" tambah Ari Rahmat.

Tidak hanya di wilayah Indonesia, Iconnet juga menjangkau negara lain, yaitu Timor Leste. "Saat ini Timor Leste sudah menggunakan jaringan internet iconnet. Ada cerita penuh haru saat Iconnet masuk Timor Leste. Fiber optik dianggap seperti barang mewah, yang bahkan disambut langsung oleh Presiden Timor Leste," pungkasnya.

Saat ini PLN Icon Plus sendiri melalui program Iconnet, layanan internet berbasis fiber optik telah menjangkau 353 Kabupaten dan Kota yang ada di Indonesia.

"Dengan menjangkau 353 Kabupaten dan Kota, serta melayani 12.740 desa di Indonesia, Iconnet sudah mencapai sekitar 80 persen wilayah kabupaten dan kota," ungkap Ari Rahmat.

Tak hanya berbisnis internet, PLN Icon Plus juga merambah bisnis cafe Braga 15. Sebuah bangunan heritage dengan latar belakang historis, kini bangkit sebagai ICON HUB.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat