unescoworldheritagesites.com

Dipercaya Pemerintah, Kuota KUR Bank Jatim semakin Ditambah - News

Jajaran Bank Jatim bersama pejabat terkait dan para peserta sosialisasi

: Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) kepada pelaku UMKM menunjukkan performa yang positif dari tahun ke tahun.

Perbankan plat merah ini bersyukur, karena KUR Bank Jatim mendapatkan antusias luar biasa di kalangan masyarakat Jawa Timur, khususnya para pelaku UMKM.

"Ini bisa dibuktikan dari terus meningkatnya kuota dan angka penyaluran KUR Bank Jatim terhadap pelaku usaha sejak tahun 2021,” ujar Direktur Mikro, Ritel, dan Menengah Bank Jatim R Arief Wicaksono.

Baca Juga: Ben Shalom Tunggu Panggilan WBA untuk Duel Anthony Joshua Vs Martin Bakole

Pernyataan tersebut disampaikan Arief Wicaksono dalam Sosialisasi Kebijakan Penyaluran KUR Tahun 2024 dan Evaluasi Penyaluran KUR Tahun 2023 di Hotel Aston Batu, pada Jumat (5/1/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten Deputi Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Gede Edy Prasetya, Direktur Kelembagaan dan Pelayanan PT Jamkrindo (Persero) Abdul Bari, Pemimpin Wilayah Surabaya PT Askrindo (Persero) Jaja Jatnika

Termasuk Pjs Vice President Kredit Mikro bankjatim Teguh Sunyoto, Pjs Vice President Kredit Ritel dan Menengah Bank Jatim Firman Iswahyudi M, serta Para Pemimpin Cabang Bank Jatim.

Baca Juga: Jokowi Apresiasi Kerja Sama Kemenhub dengan Pemda saat Resmikan Terminal Penumpang Tipe A Pakupatan Serang, Banten

Dia menjelaskan bahwa program KUR adalah kredit/pembiayaan modal kerja dan/atau invetasi kepada debitur individu/perseorangan, badan usaha, dan/atau kelompok usaha yang produktif dan layak (feasible) namun belum memiliki agunan tambahan (unbankable).

Tujuannya untuk meningkatkan dan memperluas akses pembiayaan kepada usaha produktif, meningkatkan kapasitas daya saing UMKM, serta mendorong pertumbuhan ekonomi.

Pada tahun 2021, katanya, Bank Jatim mendapat kuota KUR sebesar Rp700 miliar, dan berhasil disalurkan sebesar 88,7 persen kepada 4.928 debitur.

Baca Juga: Airlangga Tegas Sebut Indonesia Bukan Hanya Penonton Forum Internasional: Kita Memimpin

Selanjutnya, tahun 2022 Bank Jatim berhasil memperoleh kuota KUR senilai Rp2,5 triliun. Prosentase penyalurannya sekitar 95,19 persen dengan jumlah debitur 19.159 orang.

”Angkanya meningkat signifikan. Maka dari itu pada tahun tersebut, Bank Jatim mendapat penghargaan sebagai bank penyalur kredit KUR terbaik se-Jawa Timur,” ujar Arief.

Selanjutnya pada tahun 2023, kuota KUR Bank Jatim juga meningkat lagi menjadi Rp2,89 triliun. Jumlah yang disalurkan sekitar 96 persennya kepada 22.253 debitur.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat