unescoworldheritagesites.com

Penanaman Pohon Serentak Turunkan Emisi dan Pulihkan Lahan Terdegradasi - News

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan(KLHK) kembali melaksanakan penanaman pohon serentak di seluruh wilayah Indonesia yang dipimpin langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin, di Provinsi Banten.

: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan(KLHK) kembali melaksanakan penanaman pohon serentak di seluruh wilayah Indonesia yang dipimpin langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin, di Provinsi Banten. Acara penanaman serentak ini juga terhubung melalui video conference dengan seluruh provinsi di Indonesia.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin mengatakan, perubahan iklim kian nyata dan dampaknya adalah memanasnya suhu Bumi.

Tak hanya itu, terjadi juga penurunan produktivitas tanamanpangan, hilangnya wilayah-wilayah kepulauan, meningkatnya kejadian bencana hidrometeorologis dan hilangnya keanekaragaman hayati.

Pemerintah Indonesia pun berkomitmen untuk menurunkan emisi penyebab perubahan iklim, yang antara lain bersumber dari sektor kehutanan dan penggunaan lahan lainnya serta timbunan sampah.

Baca Juga: Caleg DPRD Karawang, Gus Iqbal Jamalulail Gandeng RBUI Gelar Bakti Sosial Kesehatan

“Dalam kesempatan ini saya mengajak seluruh elemen bangsa untuk turut serta mengurangi emisi dengan menanam dan menanggulangi sampah di sekitar lingkungan kita,” kata Wapres, di Serang, Banten.

Menurut dia, menanam dan mengelola sampah harus sejak dini ditanamkan pada generasi muda Indonesia. Sehingga bisa mengakar kuat, menjadi budaya dan gaya hidup.

Menanam pohon, lanjutnya, menjadi aksi mitigasi perubahan iklim yang konkret. Mampu memulihkan kawasan hutan dan lahan terdegradasi, lahan tidak produktif, lahan kritis. Termasuk juga memulihkan areal rawan bencana, termasuk di daerah sepanjang kanan kiri sungai (riparian).“Manfaat menanam pohon tidak hanya kayu sebagai fungsiekonomi, namun juga memiliki fungsi sosial dan ekologis,” imbuhnya. 

Baca Juga: Ketua Baznas RI Prof Dr Noor Achmad MA Raih Penghargaan Tokoh Inspiratif Jawa Tengah 2023

Kemudian menanam pohon juga memberikan manfaat signifikan meningkatkan daya dukung lingkungan, ketahananpangan, energi, dan tentunya kesejahteraan seluruh makhlukhidup.“Pohon memiliki kemampuan menyerap emisi karbon dengan cukup efektif. Dalam rangka menekan emisi karbon dan dampak terhadap perubahan iklim, menanam pohon menjadi salah satu cara yang murah dan mudah untuk dilaksanakan,” paparnya.

Genjot Penanaman Serentak

Direktorat Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan RehabilitasiHutan (PDASRH) KLHK pun terus menggenjot kegiatan penanaman pohon serentak di Indonesia. Upaya ini, langkah nyata mengatasi perubahan iklim, pemulihan kualitas lingkungan hidup dan mendukung percepatan rehabilitasi hutan dan lahan.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari agenda penanaman serentak yang telah dilaksanakan tanggal 30 Desember 2023, dan akan dilanjutkan dengan penanaman pada Februari hingga April 2024.

Lokasi tanam terdiri dari areal terbuka seperti ruang terbuka hijau, lahan yang perlu dipulihkan, areal lingkungan/halamansekolah, areal fasilitas umum, dan lainnya. Kegiatan ini juga memperluas/melanjutkan penanaman pada lokasi penanaman sebelumnya. Melalui partisipasi aktif masyarakat dan pihak terkait di seluruh wilayah.

Baca Juga: Banyak Kota di Indonesia Dipusingkan Masalah Sampah, di Antaranya Sampah Plastik Air Mineral

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat