unescoworldheritagesites.com

Masyarakat Sambut Baik Rencana Perpanjang Skybridge untuk Kenyamanan dan Mobilitas Pengguna KRL di Stasiun Bojonggede - News

Perpanjangan Skybrigde Bojonggede yang ditunggu dan diharapkan pengguna KRL.

: Masyarakat Bojonggede menyambut antusias rencana Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) memperpanjang Skybridge untuk kenyamanan dan mobilitas pengguna KRL di Stasiun Bojonggede.

“Iya kita pengguna KRL senanglah kalau Skybridge tersebut diperpanjang,” ujar salah seorang pengguna KRL di Stasiun Bojonggede, Senin (24/6/2024).

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan sendiri menyatakan tengah berencana melakukan perpanjangan skybridge Bojonggede yang akan menghubungkan ke peron Stasiun KRL Bojonggede arah Jakarta.

Baca Juga: Demi Kenyamanan dan Kecepatan, BPTJ Bakal Tambah Lintasan Skybridge Bojonggede Tahun Depan

Direktur Prasarana BPTJ, Zamrides, mengungkapkan bahwa perpanjangan ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kenyamanan dan mempermudah mobilisasi bagi para pengguna KRL. Hal tersebut disampaikan oleh Zamrides di kantor BPTJ pada Jum’at (21/6/2024).

Salah satu poin utama yang menjadi perhatian adalah perlunya pembebasan lahan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor untuk pelebaran hall stasiun. Bappedalitbang Kabupaten Bogor menyampaikan bahwa tinjauan lapangan telah dilakukan dan pembebasan lahan akan menjadi prioritas di tahun 2025. Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung peningkatan infrastruktur yang strategis ini.

Selain itu, pembangunan perpanjangan skybridge akan memerlukan sedikit lahan dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) untuk digunakan sebagai pilar penyangga. Lahan ini telah dikerjasamakan oleh PT KAI untuk parkir kendaraan roda dua dan tidak akan mengganggu kapasitas parkir yang ada karena akan dilakukan penataan ulang baik parkir maupun flow penumpang.

Baca Juga: Skybridge Bojonggede, Bogor, Diharapkan Dorong Peningkatan Layanan Angkutan Massal

Penataan ulang sirkulasi pergerakan penumpang keluar masuk Stasiun Bojonggede menjadi fokus penting. "Kami berupaya agar dengan adanya perpanjangan skybridge ini, pergerakan penumpang dapat lebih lancar dan nyaman," kata Zamrides.

Saat ini BPTJ juga tengah melakukan survei bekerja sama dengan Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan dan sosialisasi kepada pengguna skybridge Bojonggede terkait evaluasi operasional dan menjaring persepsi mereka terhadap rencana perpanjangan. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa masyarakat mendapatkan informasi yang tepat dan dapat memberikan masukan yang konstruktif terhadap rencana pembangunan ini. Adapun halaman survey dapat diakses di https://e.survey.dephub.go.id/survey/461

Dengan pembangunan tersebut, Zamrides berharap dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan pengguna KRL, serta mendukung perkembangan infrastruktur transportasi yang lebih baik dan terintegrasi di kawasan Jabodetabek.

Baca Juga: Skybridge Bojonggede Diuji Coba untuk Umum

Skybridge Bojonggede merupakan fasilitas integrasi yang menghubungkan Stasiun KRL Bojonggede dengan Terminal Penumpang Tipe C Bojonggede. Dirancang untuk memudahkan pergerakan penumpang antara kedua fasilitas transportasi ini. Skybridge ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan di kawasan Bojonggede serta meningkatkan keselamatan dan kenyamanan bagi pejalan kaki.

Dari hasil analisis BPTJ pada Bulan Februari 2024, Skybridge Bojonggede dapat membantu mengurangi kemacetan sebesar 3,3 Miliar per tahun, hal ini setara dengan penghijauan melalui 327 pohon sehingga dapat membantu menurunkan polusi CO2. Keuntungan lain dengan adanya skybridge Bojonggede dapat memberikan potensi PAD kepada pemerintah Kabupaten Bogor sebesar 3,5 Miliar per tahun.

Mengevaluasi pengoperasian skybridge Bojonggede, BPTJ melakukan pertemuan dengan unsur pemerintah daerah, PT. KCI dan PT. KAI Pada hari Jum’at, 21 Juni 2024. Hal penting yang menjadi perhatian adalah terkait keamanan, kebersihan, parkir, dan escalator yang saat ini terkendala pengoperasiannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat