unescoworldheritagesites.com

Avail: Unification Layer untuk Atasi Fragmentasi Rollup pada Skala Besar - News

Avail: Unification Layer untuk Atasi Fragmentasi Rollup pada Skala Besar. Foto: Istimewa

: Misi Avail adalah menyederhanakan pengalaman rollup, memberikan platform yang terpadu dan efisien bagi pengguna dan pengembang dari semua ekosistem.

Di era Web3 yang berkembang pesat, lingkungan permissionless telah menjadi panggung bagi berbagai inovasi teknologi yang mendukung ekosistem yang sedang tumbuh. Meskipun banyak tantangan teknis harus diatasi untuk mencapai adopsi massal, beragam solusi inovatif telah muncul di bidang teknologi ini.

Meski teknologi Web3 semakin canggih, penting untuk memastikan bahwa semua elemen ini dapat terintegrasi secara harmonis untuk memberikan pengalaman yang mulus bagi pengguna akhir, sambil tetap memegang teguh prinsip desentralisasi.

Baca Juga: Avail Raih Total Dana Juta untuk Interoperabilitas Rollup dan Ketersediaan Data yang Sangat Aman

Untuk mengatasi hal ini, Avail hadir dengan solusi yang mengakselerasi penyatuan ekosistem Web3 melalui Unification Layer, menciptakan pengalaman Web3 yang aman, dapat diskalakan, dan terhubung tanpa batas bagi pengguna dari semua ekosistem.
Didirikan oleh mantan Co-Founde Polygon, Anurag Arjun, dan mantan Lead Researcher Polygon, Prabal Banerjee, Avail telah melalui tahap pengembangan selama tiga setengah tahun dan siap untuk diluncurkan ke mainnet.

Avail muncul sebagai respons terhadap kebutuhan akan base layer pada blockchain dengan banyak rollup, di mana pengembang tidak lagi perlu membangun keamanan dari awal untuk setiap base layer. Ini memungkinkan rollup untuk berkomunikasi satu sama lain, membentuk infrastruktur yang kokoh dan efisien.

Rollup telah dikembangkan sebagai solusi parsial untuk tantangan skalabilitas, memproses transaksi secara off-chain sebelum menggabungkannya ke dalam satu transaksi on-chain. Meskipun rollup telah menjadi solusi yang diakui untuk skala blockchain, meningkatnya kompleksitas lingkungan blockchain menimbulkan kekhawatiran tentang pengalaman pengguna.

Oleh karena itu, misi Avail adalah menyederhanakan pengalaman rollup, memberikan platform yang terpadu dan efisien bagi pengguna dan pengembang dari semua ekosistem.
"Avail pada dasarnya adalah infrastruktur yang akan membentuk dasar pembangunan blockchain di masa depan,” kata Anurag Arjun, Co-Founder Avail, kepada CoinDesk Indonesia.

Avail memanfaatkan prinsip perpesanan asinkron untuk meningkatkan skalabilitas blockchain, dengan menggabungkan base layer Data Availability (DA), layer interoperabilitas Nexus, dan layer jaringan Fusion Security, yang membentuk Unification Layer yang kuat.

Avail Unification Layer
Ekosistem Avail dibangun dengan tujuan memberikan pengalaman yang superior bagi pengguna dan pengembang, menggabungkan esensi skalabilitas, interoperabilitas, dan keamanan tanpa kompromi. Struktur platform ini didasarkan pada tiga layer utama, yaitu Avail DA, Avail Nexus, dan Avail Fusion.

Avail DA
Layer DA adalah fondasi utama dari jaringan blockchain, berperan sebagai sumber kebenaran yang dapat diskalakan dan terdistribusi. Layer ini memastikan bahwa semua data yang relevan dalam jaringan tersedia setiap kali block baru dihasilkan, tanpa ada yang disembunyikan atau dihapus dari jaringan, sehingga memastikan kelancaran operasional jaringan.

Layer ini juga menjadi fondasi yang universal dan dapat diadopsi oleh berbagai blockchain untuk meningkatkan skalabilitas dan keamanannya. Desain sederhana namun kuat dari Avail DA fleksibel, sehingga mampu mendukung berbagai jenis chain tanpa memberlakukan batasan atau preferensi tertentu.

Avail Nexus
Nexus berperan sebagai proof aggregator yang ringan namun kuat serta pemilih sequencer ZK rollup di atas platform Avail, memungkinkan penyelesaian lintas rollup dan lintas ekosistem.

Sebagai pusat verifikasi yang menyatukan rollup, Nexus menggunakan Avail DA sebagai akar kepercayaan. Selain itu, Nexus secara berkala mengirimkan aggregate proof yang dikumpulkan ke Ethereum dan layer Avail DA untuk diverifikasi. Modul khusus dalam Avail DA bertugas memverifikasi aggregate proof tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat