unescoworldheritagesites.com

Apel Siaga Kelistrikan, Dirut PLN Beberkan Fasilitas Tambahan Bagi Pengguna Mobil Listrik - News

Direktur Utama PLN, Darmawan (kanan) Prasodjo saat mengecek kelengkapan personil saat Apel Siaga Kelistrikan

: Direksi PT PLN (Persero) terus melecut semangat jajarannya untuk memaksimalkan layanan kelistrikan selama periode Idul Fitri 1445 H. Termasuk layanan prioritas bagi para pemudik yang menggunakan mobil listrik.

Dalam Apel Siaga Kelistrikan Idul Fitri 2024 dari Lapangan PLN Nusantara Power Unit Pembangkit Gresik, Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo mengumumkan beragam fasilitas tambahan untuk memanjakan para pemudik yang mengandalkan mobil listrik.

"Bukan hanya penambahan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), kami juga sudah siapkan call centre untuk membantu pengguna mobil listrik yang mengalami kendala dalam perjalanan mudik," ujarnya.

Baca Juga: Seimbangkan Ruang Digital, Kolaborasikan Konten Budaya Lokal dan Asing

Secara nasional, BUMN ini sudah mengoerasikan lebih dari 1.200 SPKLU yang tersebar di berbagai titik. Bila tahun sebelumnya pengguna mobil listik harus mencari rest area yang spesifik untuk ngecharge mobil listrik, kata dia, tahun ini sudah jauh berbeda.

Pihaknya memastikan, tahun ini setiap rest area jalan tol, sudah tersedia SPKLU. Mulai dari Palembang hingga Bahauheni, Merak, Jakarta, Semarang, Solo hingga Banyuwangi.

"Tiap Rest area kode A atau dari barat barat ke timur dan kode B dari timur ke barat, sekarang sudah kami sediakan SPKLU," ujarnya.

Baca Juga: Polres Loteng Tingkatkan Patroli di Area Bizam, Antisipasi Calo dan Copet Jelang Libur Lebaran

Ketersediaan ini, katanya, sudah mencukupi. Karena jarak antar rest area sekitar 23 kilometer, sedangkan untuk sekali ngecharge, mobil listrik bisa melaju hingga 300 kilometer.

Terbaru, pihaknya sudah mengaktifkan call center 123 dan PLN Mobile yang bisa membantu pemudik yang mobil listriknya mengalami gangguan di tengah jalan. "Silaka hubungi call center 123 atau gunakan PLN Mobile, kalau ada masalah dengan kendaraan listriknya saat perjalanan mudik atau balik," ujarnya.

Sedangkan yang terkait kesiapan pembangkit, dia menyebut ketersediaan batu bara dengan Hari Operasional (HOP) hingga 20 hari. Kondisi ini sudah jadih berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya yang hanya untuk 5 hari.

Baca Juga: Usai Empat Menteri Berikan Kesaksian di MK, GIbran Tunggu Putusan Akhir

Sementara, dalam Apel Siaga Kelistrikan Idul Fitri 2024 di Gresik tersebut, Darmawan mengecek semua kelengkapan memberi spirit pada para personil yang akan siaga di posko lebaran hingga 19 Mei mendatang.

Momen itu juga dimanfaatkan Darmawan untuk meminta laporan kesiapan jajarannya dari berbagai daerah secara online.

Berbagai daerah seperti Aceh, Kalimantan, Jawa Madura Bali, hingga Sulsel menyampaikan laporan kesiapannya pada orang nomor 1 di PLN tersebut.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat