unescoworldheritagesites.com

BPJS Ketenagakerjaan Bersinergi dengan Pemprov Jatim Dalam Program Mudik Bareng Gratis - News

Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono saat menyerahkan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan pada perwakilan awak bus

: Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Perhubungan Jawa Timur (Dishub Jatim) menggelar mudik bareng gratis untuk mengurai titik kemacetan di jalur mudik.

Dari 96 bus yang diberangkatkan pada Minggu (7/4/2024) kemarin, 3 bus diantaranya merupakan partisipasi BPJS Ketenagakerjaan yang juga ikut menjamin perlindungan jaminan sosial seluruh sopir beserta awak bus .

Sebelum keberangkatan para pemudik bareng ini dilepas di depan Kantor Dishub Jatim terlebih dulu dilakukan penyerahan simbolis kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono kepada perwakilan awak bus.

Baca Juga: Jelang Lebaran 2024, Kemenko Marves Sidak SPKLU PLN di Jawa Timur

Adhy Karyono mengatakan, mudik bareng gratis ini merupakan agenda tahunan yang rutin digelar dengan tujuan untuk mencegah peningkatan kecelakaan lalu lintas selama masa mudik lebaran.

Tidak hanya menekan angka kecelakaan, program mudik gratis ini juga menjadi strategi mengurai titik kemacetan. Sebab, para pemudik yang biasanya memakai kendaraan pribadi, kini beralih ke transportasi gratis yang disediakan Dishub Jatim.

Disebutkan, kali ini total ada 3.840 peserta mudik gratis dengan tujuan 17 kabupaten/kota se-Jatim, yakni Banyuwangi lewat Jember, Banyuwangi lewat Situbondo, Blitar lewat Malang, Blitar lewat Pare Kediri, Nganjuk dan tujuan Trenggalek, Tulungagung, Magetan, Madiun, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, Jember, Tuban, Sumenep, Bojonegoro, serta Bondowoso.

Baca Juga: Animo Tinggi Mudik Pakai Pesawat, Polres Bandara Soetta Siapkan 4 Posko Pelayanan

Menurut Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur Hadi Purnomo, peran BPJS Ketenagakerjaan dalam mudik bareng gratis yang diselenggarakan Pemprov Jatim ini tak lain sebagai bentuk sinergitas antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Pemprov Jatim yang sudah terjalin selama ini.

"Selama ini kami (BPJS Ketenagakerjaan dan Pemprov Jatim) telah bekerja sama untuk perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan masyarakat pekerja Jawa Timur, dan kali ini kami bekerja sama untuk mensukseskan program mudik bareng gratis ini," ujarnya.

Bentuk support BPJS Ketenagakerjaan dalam mensukseskan mudik gratis bersama Pemprov Jatim ini diantaranya memberi perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan terhadap seluruh awak bus yang terdiri dari sopir, kernet, dan kondektur.

Baca Juga: Ketua Umum Baladhika Karya Nofel Saleh Hilabi Dukung Penuh Airlangga Hartarto Pimpin Golkar Kembali

"Perlindungan ini untuk jaga-jaga, kalau terjadi resiko mereka juga dapat jaminan sosial dari negara," ucap Hadi.

Sementara, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo, Imron Fatoni berharap, keterlibatan BPJamsostek di ajang mudik bareng gratis ini menjadikan para pekerja paham pentingnya perlindungan sosial ketenagakerjaan.

"Kami berharap para pekerja yang belum terlindungi, agar segera mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga pekerja bisa lebih tenang saat menjalankan aktifitasnya," ujar Imron Fatoni.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat