unescoworldheritagesites.com

Program Webinar Kementerian Kominfo dan DPR: "Cara Mudah dan Nyaman Jualan Online, Seperti Apa? - News

Anggota DPR Komisi I HA Muhaimin Iskandar  (istimewa )

: Kementerian Kominfo dan DPR RI menggelar seminar online dengan tema yang diangkat Webinar: “Mudah Dan Nyaman Jualan Online”. Seminar menghadirkan Dr. H. Abdul Muhaimin Iskandar, M.Si. (Anggota Komisi I DPR), Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc (Dirjen Aplikasi Informatika) Kementerian Kominfo RI, serta Dr. Achmad Maulani (Pengamat Sosial Budaya) dan Hj. Ayni Zuroh, SE., MM (pengamat).

Seminar merupakan dukungan Kominfo terhadap Program Webinar yang melibatkan berbagai elemen masyarakat. Tujuannya untuk mendorong masyarakat agar lebih menjaga anak-anak dalam mengakses dunia digital, memberikan informasi terkait metode pengawasan dan edukasi kepada anak-anak saat menggunakan platform digital Pemerintah khususnya Dirjen APTIKA Kementerian Kominfo, mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antara masyarakat dengan masyarakat maupun dengan pihak lainnya.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Hoaks, Kominfo Ajak Penyuluh Informasi Publik Aktif Sosialisasikan KUHP Baru

Paparan diawali oleh Muhaimin Iskandar, M.Si., selaku Anggota Komisi I DPR RI, yang mengatakan bahwa kemajuan teknologi digital berkembang dengan pesat diluar dugaan telah mencapai titik yang luar biasa, dunia digital sudah mencapai level dunia maya yang nyata. Dunia metavers yang sedang di bangun dan dikontruksi dengan sangat serius dengan adanya pergeseran dunia digital menjadi dunia nyata. Metavers menghadirkan sebuah fakta berinteraksi dalam subject dunia digital, memasuki wilayah bersama dunia digital dimana sudah dibagikan menjadi zonasi dalam metavers. Tantangan baru yang berakibatkan kepada interaksi ekonomi, cara kerja ekonomi, hobi yang menghasilkan dalam kegiatan yang produktif.

Baca Juga: Gelar Workshop Literasi Digital se-Jatim, Kominfo Usung Tema Kebebasan Berekspresi Dalam Budaya Digital

Konsumen teknologi Indonesia adalah pengguna yang selera dengan penggunaan gadget dan manfaat penggunaanya di dikte oleh produsen teknologi informasi, dengan adanya smartphone yang canggih keuangan pun akan semakin boros, mengikuti perkembangan dunia gadget yang tiada habisnya, dengan itu diperlukan dalam meningkatkan SDM teknologi, dunia pendidikan, skil dan sumber daya digital. Jenis teknologi dalam kapasitas kemampuan belum dapat dibuat dimana harus mebeli setiap meningkatkan kapasitas kemampuan yang dimiliki.

Dalam meningkatkan teknologi digital, Kesehatan, teknologi lalulintas dengan kemampuan teknologi yang baru, pemerintah dapat memfasilitasi untuk meningkatkan setiap pembanguna insfrastruktur yang kedepannya dapat mengembangka SDM yang ada dan sehingga tidak tertinggal jaman diera modern ini yang serba digital.Inovasi, kreatifitas dan kapasitas dengan kemampuan yang dimiliki untuk menghadapi fakta dalam perkembangan teknologi, kreatifitas dan inovatif yang dimiliki masyarakat dengan sumber daya  mumpuni sehingga dapat meningkatkan kualitas yang dimilikinya, Tingkatkan kualitas data yang dimiliki dengan adanya data pribadi sehingga data yang dimiliki tidak mudah di curi oleh orang lain.

Data adalah harta, data adalah sumber kekayaan yang dimiliki, back up data yang dimiliki sehingga aman dan tidak mudah dicuri oleh orang lain yang tdak bertanggung jawab,

Pembicara kedua Semuel Abrijani Pangerapan, menjelaskan bahwa pesatnya perkembangan teknologi yang semakin maju dengan adanya panedemic covid-19 telah mendorong semua pihak untuk berinteraksi dan melakuakan berbagai aktivitas melalui platform digital, kehadiran teknologi sebagai bagian dari kehidupan masyarakat inilah yang semakin mempertegas bahwa kita berada di era percepatan trasnformasi digital.

KOMINFO mengemban pada Presiden Joko Widodo sebagai garda terdepan dalam memimpin upaya percepatan transformasi digital bangsa Indonesia. Dalam mencapai visi dan misi tersebut kementrian KOMINFO berperan sebagai regulator, fasilitatir, eksalator di bidang digital diindonesia. Dalam rangka menjalankan salah satu mandat tersebut terkait pengembangan SDM digital kementrian KOMINFO bersama gerakan nasional Literasi Digital, serta jejaring hadir untuk memberikan perhatian informasi digital yang menjadi kemampuan digital ditingkat dasar bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi yang baik masyarakat dengan pemerintah agar masyarakat tidak tertinggal dalam proses percepatan transformasi digital.

Sementara, Achmad Maulani selaku Pengamat Sosial Budaya mengatakan membangun cara berfikir dalam membuka prospektif untuk menyikapi jualan online secara baik dalam konteks apapun, globalisasi telah mendistrupsi seluruh kebudayaan, Karena itu kebudayaan teknologi informasi ini telah mendistrupsi seluruh lini kehidupan dalam bidang apapun, bersifat publik maupun privat, globalisasi adalah keniscayaan yang tidak dapat di tolak, merupakan perjalanan sejarah, pilihanya hanya ada 2 kita berdua atau tergerus oleh perubahan itu sendirisudah saatnya kita menjadi subjek bagi perubahan itu sendiri. Inovasi menjadi kunci bagi kita semua, jika kita tidak mampu berinovasi maka akan terus digerus oleh merka yang berinovasi dan beradaptasi lebih maju. globalisasi telah mendistrupsi kebudayaan kita di seluuruh lini, dan satu-satunya hal yang bisa lakukan adalah beradaptasi dengan perubahah, kemudian membangun kolaborasi serta menciptakan inovasi-inovasi dan kreatifitas agar teman-teman dapat bertempur dalam arena globalisasi ini.

Dalam sejarah peradaban manusia ada 3 hal yang penting yang mempengaruhi ekosistem kita semua, pertama negara,pasar,agama dan teknologi informasi. Pertama pasar itu selalu punya hukumnya sendiri bahkan ia bisa masuk dan mengendalikan negara, seperti pada era global ini pasar begitu mendikte kita sebagaimana kita tersugesti untuk menuruti industri pasar.Teknologi informasi menjadi yang ketiga termasuk hal yang di diskusikan saat ini, teknologi informasi begitu luar biasa dan membentuk cara berpikir kita serta cara hidup kita. Teknologi informasi telah membangun suatu komunitas yang disebut oleh masyarakat sebagai informasi, ada 3 hal ciri utama dalam informasi yang perlu masyarakat diketahui yaitu, kecepatan itu luar biasa karena kitab isa mengetahui informasi apapun di waktu yang sama, dan ini menjadi warning bagi kita, yang kedua yaitu virtuality, model semacam ini tidak ada di jaman dahulu, punya makna positif dan negative.

Masyarakat di sekitar pentingnya untuk menggunakan media teknologi informasi ini dengan hal-hal yang positif dan dengan membangun inovasi, mengembangkan kemampuan yang dimiliki melalui teknologi memberikan wawasan yang sangat luas terhadap diri sendiri, maka dari itu, jangan pernah bosan untuk selalu update dan terus belajar dengan hal baru dalam dunia digital, agar masa depanmu tidak tertinggal oleh jaman modern ini

Narasumber keempat Hj. Ayni Zuroh, menyampaikan bahwa dalam era digital seperti sekarang, mudah dan nyaman jualan online terdengar sulit menjadi kenyataan, tetapi membangun usaha tidak berarti menguras seluruh tabungan dan uang yang banyak. Kuncinya adalah memulai tidak harus menggunakan modal, dengan memanfaatkan sumber daya yang ada, jika tidak mempunyai keinginan berbisnis tetapi tidak memiliki modal. tipsnya adalah mengandalkan platfrom online, memulai dari apa yang dimiliki dan di ketahui.

Memulai ide jualan tanpa modal dengan jualan online, menjadi reseller, copywriter, freelance sebagai penulis artikel, graphic designer, menjadi influencer. Melalui survei dalam penjualan online ada 35 produk terlaris di antaranya adalah, fashion Wanita dan pria, pakaian anak-anak, tas wanita dan dompet, sepatu, jam tangan, kacamata, perlengkapan bayi, produk kecantikan, alat elektronik, gadget, dan peralatan olahraga. Dengan demikian ada beberapa tips dalam memilah belanja produk melalui online dengan baik agar tidak tertipu dengan foto dimedia sosial, diantaranya adalah menciptakan solusi untuk pelanggan, menjual produk dengan passion, mengetahui produk yang sedang tren, riview pelanggan tentang produk yang sejenis, riset keyword untuk riset produk, mencari tahu produk dengan keuntungan yang besar dan peka terhadap peluang dan kesempatan.***

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat