unescoworldheritagesites.com

Entrepreneur Go Digital, Permudah Kegiatan Harian Tapi Jangan Mudah Terjerumus Penyalahgunaan Gadget - News

Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyelenggarakan seminar online bertema: “Entrepreneur Go Digital!”.  (istimewa )

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyelenggarakan seminar online bertema: “Entrepreneur Go Digital!”. Dalam seminar Literasi Digital , Senin (29/5/2023) melalui platform zoom meeting.

Terdapat narasumber  yaitu Wakil Ketua Komisi I DPR RI  Dr. Al Muzzammil Yusuf, M.Si, Dirjen Aplikasi dan Informatika (Aptika) Kementerian Kominfo   Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc, serta pembicara tamu Rahmad Adhi Pratomo (Praktisi Digital Marketing Foodbiz.id, serta  Suryadi  (Pengusaha Muda Lampung).

Seminar Literasi Digital ini merupakan inisiasi yang di dukung oleh Kementerian Kominfo terhadap Program Literasi Digital  melibatkan berbagai elemen masyarakat. Tujuannya,  mendorong masyarakat agar mengoptimalkan pemanfaatan internet sebagai sarana edukasi dan bisnis, memberdayakan masyarakat agar dapat memilah dan memilih informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat, memberikan informasi yang lengkap kepada masyarakat terkait pembangunan Infrastruktur TIK yang dilakukan oleh Pemerintah khususnya oleh Ditjen Aptika, serta mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antara masyarakat dengan masyarakat maupun dengan pihak lainnya.

Baca Juga: Dirjen Aptika: Terbentuknya Masyarakat Digital Pilar Penting dalam Mendukung Terwujudnya Transformasi Digital

Pemaparan pertama disampaikan Al Muzzammil Yusuf, M.Si menyampaikan bahwa era digital mempermudah kegiatan sehari-hari. Era digital juga dapat membuka peluang bisnis baru. Namun perlu diingat, jangan sampai pengguna internet terjerumus pada penyalahgunaan gadget dan media sosial untuk hal-hal yang buruk.

Pemaparan kedua Semuel Abrijani, B.Sc. menyampaikan bahwa Kominfo memiliki tugas untuk memberikan informasi mengenai literasi digital untuk memfasilitasi masyarakat supaya cakap digital pada era saat ini. Peningkatan literasi digital saat ini butuh bantuan semua pihak masyarakat tidak hanya kominfo saja sebagai fasilitas, tetapi keinginan masyarakat untuk terus belajar. Hal ini dalam upaya untuk memajukan digital Indonesia. Selain itu liteasi digital juga berfungsi untuk mengarahkan masyarakat supaya bisa memanfaatkan dunia digital dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga: Dirjen APTIKA: Wujudkan Cita-Cita Bangsa Dengan Menjadikan Masyarakat Madani Berbasis Teknologi

Pemaparan ketiga Rahmad Adhi Pratomo menyebutkan, dalam berbisnis di era digital memerlukan ide dan strategi yang berbeda dalam setiap penjualan. Namun di era digital ini, pendapatan tambahan tidak hanya bisa didapat dari berjualan, tetapi bisa menjadi influencer, conten creator dan afiliator.

Pemaparan terakhir disampaikan oleh Bapak Suryadi, yang menyampaikan materi bahwa sosial media bisa menjadi platform untuk mengoptimalkan penjualan. Sosial media juga dapat dimanfaatkan melalui market place seperti Shopee, Tokopedia, Tiktok, Instagram. Yang paling penting dari semua itu adalah mulai dahulu karena fasilitas sudah sangat memadai. Di era digital saat ini juga teknologi lumayan bagus dapat dimanfaatkan oleh para UMKM, bukan hanya menikmati produk-produk import saja, melainkan kita bisa mengekspor barang-barang keluar negeri.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat