unescoworldheritagesites.com

Dirjen Hubud: Bandara Nabire Baru Berperan Strategis Tumbuhkan Perekonomian Masyarakat - News

Bandara Nabire Baru

: Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara (Hubud) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) M Kristi Endah Murni, Selasa (4/7/2023)), melakukan kunjungan kerja ke Bandar Udara Nabire Baru. Peninjauan di bandara ini merupakan rangkaian kunjungan kerja Dirjen Hubud di Pulau Papua.

Kristi mengatakan bahwa Bandar Udara Nabire Baru berperan strategis untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat di Papua melalui konektivitas transportasi udara antarwilayah.

Bandara Nabire Baru sebenarnya merupakan relokasi dari Bandara Nabire yang saat ini eksisting dikarenakan bandara tersebut sudah tidak bisa dikembangkan lagi.

Baca Juga: Sempat Terhenti, KemenPUPR Lanjutkan Pembangunan Bendung Wanggar Di Nabire

“Bandara Nabire Baru ini sebenarnya sudah siap ya, dari sisi udara dan sisi daratnya. Namun, untuk fasilitas pendukung seperti akses jalan raya yang menghubungkan jalan nasional ke bandara sepanjang 5,6 km, supply jaringan listrik dari PLN, jaringan air bersih dari PDAM dan jaringan penguat untuk telekomunikasi saat ini belum siap. Untuk itu kami berharap dukungan dari Pemda agar secepatnya bisa segera terealisasikan,” jelas Kristi.

Bandara Nabire Baru sendiri merupakan bandara yang terletak di Kabupaten Nabire Provinsi Papua Tengah yang memiliki ukuran landas pacu 1600 m x 30 m yang dapat melayani operasional pesawat jenis ATR-72, taxiway 23 m x 165 m dan apron 367,5 m x 100 m.

Sedangkan pada sisi darat, bandara ini memiliki terminal penumpang seluas 6.320 m2.

Baca Juga: Tim Tabur Kejaksaan Agung Ringkus Dua Buronan Masuk DPO

Dirjen juga meminta jajarannya untuk terus meningkatkan fasilitas keamanan dan keselamatan penerbangan di bandara tersebut.

 

"Saya perintahkan agar area sisi udara bandara tetap steril dari halangan dan hambatan. Untuk itu perlu pagar pembatas yang rapi dan rapat karena menyangkut safety,  sehingga maskapai penerbangan juga merasa aman apabila beroperasi di bandara tersebut," ujarnya.

Selain itu, Kristi juga meminta pengelola bandara untuk selalu memperhatikan kebersihan dan melakukan penghijauan di area bandara baik di sisi darat maupun sisi udara.

Baca Juga: Gibran Akui Belum Ada Teguran dari DPP PDIP Usai Hadir di Acara Relawan Jokowi

"Kebersihan, keindahan dan penghijauan itu perlu karena termasuk pelayanan, agar para pengguna jasa transportasi udara betah dan nyaman di bandara," ungkapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat