unescoworldheritagesites.com

Kemenhub dan Tim MSC Japan Foundation Lakukan Perawatan Lampu Suar Pulau Putri Nongsa - News

dilakukan perawatan lampu suar demi keselamatan dan efisiensi navigasi

: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) cq Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut (Hubla) melalui Direktorat Kenavigasian menggelar kegiatan perawatan Lampu Suar Pulau Putri Nongsa Batam dalam rangka ANF Joint Inspection Round Work 2023. Hal ini merupakan salah satu bentuk komitmen bersama dalam menjaga keselamatan dan efisiensi navigasi di selat Malaka & Singapura.

Kasubdit Perambuan dan Perbengkelan Direktorat Kenavigasian, Yudhonur Setyaji mengungkapkan kegiatan ini dilaksanakan oleh tim Armada Kapal Negara Kenavigasian KN Jadayat milik Disnav Tanjung Pinang beserta tim dari Malacca Strait Council (MSC) Japan Foundation.

"Ini bertujuan untuk memastikan kinerja optimal dan pemeliharaan yang tepat terhadap Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) di selat Malaka & Singapura," ujar Yudho.

Joint Inspection Round Work merupakan kegiatan yang dilakukan setiap 6 bulan sekali oleh Armada KN. Jadayat dan tim lainnya, bekerja sama dengan Performance Auditor yang ditunjuk oleh komite ANF. Hasil dari Joint Inspection Round Work nantinya akan disampaikan kepada komite ANF untuk dievaluasi.

Baca Juga: Ditjen Hubla Buka Lapangan Kerja Padat Karya di Menara Suar Tanjung Intan

Aids to Navigation Fund (ANF) sendiri merupakan salah satu Komponen Cooperative Mechanism yang didirikan oleh tiga negara pantai, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Singapura. "Tujuan dari ANF adalah untuk menghimpun kontribusi dari User States dan Stakeholders dalam mengelola dan memelihara Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) di selat Malaka & Singapura," tutur Yudho.

ANF beroperasi berdasarkan Rules of Procedure dan Rules and Regulation yang diatur dan disetujui oleh Komite ANF sebagai badan tertinggi. Komite ANF terdiri dari wakil-wakil tiga negara pantai, User States, Stakeholder yang berkontribusi, serta IMO sebagai pengamat. Komite ANF mengadakan pertemuan setiap 6 bulan di negara sekretariat untuk menerima laporan, membahas, dan memutuskan kebijakan mengenai issue-issue yang berkembang dalam pengelolaan ANF.

Sementara itu, Direktur Kenavigasian Capt Budi Mantoro menyatakan bahwa Ditjen Hubla berkomitmen untuk terus mendukung dan berpartisipasi aktif dalam kerangka ANF demi menjaga keamanan dan keselamatan pelayaran di selat Malaka & Singapura.

Perawatan yang dilakukan oleh Armada KN Jadayat dan kerja sama dengan tim MSC Japan Foundation serta tim dari Direktorat Kenavigasian merupakan langkah konkret dalam menjalankan tugas pemeliharaan Sarana Bantu Navigasi Pelayaran.

"Kami berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini, termasuk Armada KN Jadayat, tim MSC Japan Foundation, dan tim dari Direktorat Kenavigasian," kata Capt Budi.***  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat