unescoworldheritagesites.com

Kolaborasi Pertanian dan Pariwisata Perlu Dikembangkan di Lombok - News

Ketua DPW PKB NTB HL Hardian Irfani (Suara Karya/Foto: HL Hardian Irfanbi)

: Pengembangan sektor pertanian dan sektor pariwisata di NTB dinilai perlu mulai dikolaborasikan agar bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya para petani.


Anggota DPRD NTB, H Lalu Hadrian Irfani yang juga Ketua DPW PKB NTB mengatakan, dua sektor unggulan ini bisa berjalan berdampingan secara terintegrasi dan berkesinambungan.


"Ke depan perlu ada inisiatif untuk mendorong kolaborasi dan elaborasi sektor pariwisata dan sektor pertanian secara luas" kata H Lalu Hadrian Irfani, politisi yang bakal maju sebagai Caleg DPR RI Dapil Pulau Lombok, Selasa (22/8/2023).

 

Baca Juga: Menhub Tinjau Kesiapan LRT Jabodebek Jelang Diresmikan


Hadrian mengatakan, salah satu konsep yang bisa dikembangkan untuk menjembatani sektor pariwisata dan pertanian adalah agrowisata.

 

Baca Juga: Rakor Pengawasan Jaga Pangan di NTB, Dorong Penetapan LP2B LIndungi Lahan Sawah Pertanian


Agrowisata merupakan sebuah aktivitas yang mengkombinasikan sektor pariwisata dan sektor pertanian dalam satu bentuk usaha, sebagai upaya sektor pertanian meningkatkan kualitas hidup kaum tani.

 

Baca Juga: Kementan: BPP sebagai Pusat Konsultasi Agribisnis Pacu Produktivitas Pertanian


Menurutnya, agrowisata merupakan tuntutan akan pariwisata yang ramah lingkungan dan bertanggung jawab. Agrowisata adalah pemanfaatan alam sebagai atraksi wisata, pariwisata berwawasan pertanian yang memanfaatkan usaha pertanian sebagai objek.


"Sebagai pariwisata dengan peminatan khusus, agrowisata dapat dipandang sebagai pariwisata alternatif ketika sektor pariwisata melibatkan petani dalam usaha pariwisata. Keterlibatan petani dalam pengembangan pariwisata merupakan syarat utama keberlanjutan pembangunan agrowisata," urai Ketua DPW PKB NTB yang gemar bertani ini.


Hadrian memaparkan, keterlibatan ini terkait dengan partisipasi, pemberdayaan ataupun perencanaan partisipatif melalui pengembangan sektor pertanian dan sektor pariwisata menciptakan model agrowisata yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Melalui pengembangan agrowisata, petani diyakinkan untuk mampu menjadi pemangku kepentingan yang proaktif.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat