unescoworldheritagesites.com

Kampanye Unilever Sinergikan Kekuatan Purpose Tiga Pilar Menuju Indonesia Hebat - News

JAKARTA: Kampanye “Every U Does Good” (“Setiap U Beri Kebaikan”)  mengajak konsumen berbuat kebaikan melalui cara yang sederhana, yaitu dengan memilih produk atau brand yang mampu memberikan manfaat positif bagi lingkungan dan masyarakat, kembali diikhtiarkan. Inisiasi ini kembali dilakukan PT Unilever Indonesia, Tbk. hari ini, di Jakarta, Rabu (18/8/2021)

Diluncurkan bertepatan dengan minggu perayaan kemerdekaan Indonesia, kampanye ini juga menggelar program “Every U Does Good Heroes” untuk menemukan sosok-sosok muda yang mampu mewujudkan purpose dan kontribusi mereka menuju Indonesia yang lebih baik.

Ira Noviarti selaku Presiden Direktur PT Unilever Indonesia, Tbk. menyampaikan "The Unilever Compass" menempatkan purpose atau tujuan mulia sebagai ‘jantung’ dari segala yang perusahaan lakukan -baik sebagai karyawan, brand, maupun perusahaan.

"Kami percaya bahwa bisnis seharusnya mampu menjadi bagian dari solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi dunia. Hal ini tertuang dalam tiga pilar kebaikan yang selalu kami ke depankan, yaitu: (1) Membangun planet yang lebih lestari, (2) Meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, dan (3) Berkontribusi pada masyarakat yang lebih adil dan inklusif," ujar Ira Noviarti.

Terlebih di masa sulit, kata dia, ketiga fokus tersebut menjadi landasan kuat bagi Unilever Indonesia untuk terus memberikan dampak kebaikan pada lingkungan dan masyarakat. Tekad ini salah satunya dimanifestasikan melalui purpose yang dimiliki sederetan brand Unilever Indonesia, yang kini berperan semakin kuat sebagai force for good atau pendorong kebaikan.

“Melalui kampanye ‘Every U Does Good’, kami ingin kembali mengedukasi masyarakat untuk berbuat kebaikan dengan menjadi konsumen yang lebih bijak dalam memilih produk. Saat mereka memilih brand-brand yang memiliki purpose, maka mereka secara langsung juga turut berkontribusi dalam upaya-upaya berkelanjutan untuk memberikan kebaikan kepada lingkungan dan masyarakat,“ ungkap Ira.

Sebanyak 16 brand Unilever Indonesia yang sangat dekat dengan keseharian konsumen ikut terlibat di dalam kampanye ini, yaitu Rexona, Sariwangi, Sunsilk, Pepsodent, Sunlight, Rinso, Clear, Lifebuoy, Vaseline, Wall’s, Bango, Glow & Lovely, Love Beauty Planet, Buavita, Royco, dan Dove Hair. Masing-masing brand yang familiar oleh masyarakat Indonesia ini memiliki purpose yang beragam sesuai dengan tiga pilar kebaikan Unilever.

"Semangatku kampanye ini sangat sejalan dengan kebutuhan konsumen, terutama generasi milenial. Riset menunjukkan kini mereka semakin kritis terhadap isu-isu lingkungan dan sosial, serta aktif mencari brand atau perusahaan yang dapat membantu mereka merealisasikan harapan untuk mewujudkan Indonesia yang lebih hijau, sehat, sejahtera, adil dan inklusif," tutur Ira Noviarti.

Adisti Bramanti selaku Commercial Director Kantar Indonesia, Worldpanel Division menerangkan studi Kantar memperlihatkan bahwa meskipun masih berada di tengah pandemi, hal ini ternyata tidak menyurutkan kepedulian konsumen akan berbagai isu lingkungan maupun sosial.

"Lebih dari 50% konsumen Indonesia mengaku telah terdorong untuk memberikan aksi nyata. Sebagai contoh, 20% konsumen Indonesia kini berupaya untuk mengurangi sampah. Angka ini menunjukkan peningkatan dari tahun sebelumnya dan millennials menjadi kelompok yang lebih peduli terhadap upaya tersebut dibandingkan kelompok lainnya," jelas Adisti.

Lebih lanjut, Adisti menjelaskan selain mengharapkan inisiatif pemerintah, konsumen juga mengandalkan pihak produsen atau brand untuk ikut memainkan peranananya.

Salah satu sosok milenial yang memiliki purpose kuat untuk berkontribusi pada lingkungan yang lebih bersih dan lestari adalah Muhammad Bijaksana Junerosano.

Dia mengungkapkan soal problematika sampah di Indonesia adalah hal pelik yang sudah sepatutnya menjadi tanggung jawab bersama.

"Saya percaya bahwa rasa tanggung jawab ini harus dimulai dengan purpose yang kuat untuk membuat perubahan. Untuk itu, sejak awal kuliah saya menetapkan purpose untuk mendirikan organisasi yang mengajak masyarakat lebih peduli lingkungan khususnya #BijakKelolaSampah, yang kemudian terwujud melalui Greeneration Foundation dan Waste4Change," kata Sano, panggilan akrabnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat