unescoworldheritagesites.com

Tingkatkan Akses Pemasaran UMKM, BI Solo Gandeng Marketplace Ralali - News

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Kepala KPwBI Solo Nugroho Joko Prastowo melihat produk UMKM suvernir wayang (Endang Kusumastuti)

 

: Bank Indonesia (BI) Solo dan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menggandeng marketplace Ralali.com melakukan pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan akses pemasaran produk Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Solo Raya, Rabu (2/3/2022).

Pendampingan dan pelatihan yang diberikan tersebut melalui kegiatan kurasi, onboarding dan  showcasing produk UMKM unggulan di Solo Raya. Kurasi yang dilakukan untuk memastikan UMKM memiliki standar mutu dan kelayakan untuk konsumen Ralali.com.

Sebanyak 67 peserta dari pelaku UMKM di Solo Raya mengikuti kegiatan tersebut. Puluhan pelaku UMKM tersebut hasil dari kurasi dari 400 pendaftar.

"Kegiatan ini mendapatkan momen yang bagus, karena jika produknya lolos kurasi bisa dijadikan merchandise untuk kegiatan G20 dimana Kota Solo menjadi salah satu host untuk kegiatan pendamping dengan G20,"  jelas Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Solo, Nugroho Joko Prastowo di sela-sela kegiatan di Swiss Bell Hotel, Kota Solo, Jawa Tengah.

Baca Juga: Satu Tahun Beroperasi KRL Solo-Yogyakarta Sudah Layani Lebih Dari 2,2 Juta Pengguna

Lebih lanjut Joko mengatakan kegiatan tersebut diharapkan bisa meningkatkan keahlian UMKM dalam mengelola lapak di aplikasi Ralali.com sehingga bisa eksis dan onboard menjual produknya secara berkelanjutan.

"Model bisnis Ralali.com adalah B to B (business to business) dan bukan pasar retail (market place) sehingga menjadikan peluang pasar UMKM lebih luas sebagai supplier," jelasnya lagi.

Kegiatan ini diharapkan berdampak signifikan pada peningkatan kapasitas usaha UMKM dan sarana promosi bagi UMKM Solo Raya. 

Sementara itu Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan  marketplace Ralali.com menggunakan sistem B to B sehingga harapannya jumlah orderan dari UMKM di wilayah Solo Raya bisa semakin meningkat.

Baca Juga: BI Solo Dorong Pengembangan Kawasan Kuliner Halal Di Kauman

"Produk UMKM di Solo kita akomodir dimana nantinya bisa dikembangkan misalnya untuk  souvenir G20 atau souvenir Paragames kan bagus banget," ujarnya.

Hal itu menjadi kolaborasi antara produk UMKM dengan event-event yang nanti digelar di Kota Solo. Harapannya produk UMKM di Solo bisa menjadi unggulan dan dijadikan souvernir untuk kegiatan internasional. 

Kepala Cabang Ralali.com, Risqi Dedy Kurniawan menambahkan Ralali.com merupakan marketplace B to B yang nilai transaksinya murni untuk kebutuhan bisnis.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat