unescoworldheritagesites.com

Jateng Sudah Lama Jalankan E-Katalog Bagi UMKM - News

Ganjar ikuti pengarahan Presiden di Bali. (Foto: Istimewa)

 

: Presiden Jokowi memberi arahan agar UMKM yang bagus dimasukkan ke dalam E-Katalog. Terkait itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyebut, pihaknya telah lama menerapkan E-Katalog tersebut.

Jokowi meminta hal itu, saat memberi pengarahan kepada Menteri Kabinet, Kepala Lembaga, Kepala Daerah dan Kepala BUMN terkait aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia di Bali, Jumat (25/3/2022).

Ganjar yang hadir di acara itu, mengaku arahan Presiden sudah sangat jelas. Jadi semua diharap ikut menggenjot pertumbuhan ekonomi dengan kekuatan bangsa sendiri.

"Kalau saja 40 persen anggaran APBN maupun APBD digunakan untuk membeli produk-produk dalam negeri khususnya UMKM, dan tidak bergantung pada impor, maka ini bisa menstimulus pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Sentil Kementerian Dan Lembaga Yang Masih Lakukan Impor Barang Dan Jasa

Ganjar sepakat dengan Jokowi, bahwa sudah saatnya Indonesia bangga pada produk dalam negeri. Banyak industri dalam negeri dan juga UMKM yang produknya tidak kalah dengan produk impor.

"Meski begitu memang ada yang harus didampingi, apakah izinnya, kapasitasnya, akses permodalannya dan lainnya. Kalau 40 persen anggaran digunakan, maka ini akan menjadi captive market dan produsen bisa memenuhi," ucapnya.

E-Katalog menurut Ganjar, menjadi solusi paling bagus untuk persoalan ini. LKPP sudah membuat terobosan agar produk dalam negeri maupun produk UMKM bisa masuk ke dalam E-Katalog.

Baca Juga: Tangani Stunting, Puluhan Ribu Anggota IPHI Terjun Sebagai Sukarelawan

"Alhamdulillah di Jateng sudah berjalan. E-Katalog kita sudah jalan bernama Blangkon Jateng. Jadi begitu LKPP punya ide memasukkan UMKM ke E-Katalog, kita langsung komunikasikan dan kita undang. Kita sudah sejak tahun lalu berjalan," pungkasnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat