unescoworldheritagesites.com

Dukung Gelaran KUR Fintech Festival, BCA Dorong UMKM Bangkit Pascapandemi Covid-19 - News

BCA mendukung acara KUR Fintech Festival di Kota Solo (Endang Kusumastuti)

 

: KUR Fintech Festival digelar di Solo Techno Park (STP) Kota Solo, Jawa Tengah,  Rabu-Kamis (18-19/5/2022). Acara ini bertujuan untuk mendorong UMKM Indonesia terutama di Kota Solo agar naik kelas dan go global, serta untuk memperkenalkan UMKM pada cara baru dapatkan alternatif solusi keuangan digital.

Salah satu peserta KUR Fintech Festival, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) juga turut mendorong UMKM mendapatkan kemudahaan akses pembiayaan dan mendukung tumbuh kembang UMKM menjadi penopang ekonomi nasional. 

"Dukungan BCA terhadap sektor  UMKM  terus digenjot demi membantu industri tetap berjalan di tengah proses pemulihan pandemi Covid-19. Hal ini tentu sejalan dengan upaya pemerintah untuk menyeimbangkan kembali roda perekonomian Indonesia," jelas Kepala Pengembangan Bisnis BCA KCU Solo Slamet Riyadi, Wahyu Hariatmanto, Kamis (19/5/2022).

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Rungkut Beri Apresiasi Para Agen Perisai

Menurut Wahyu, gelaran tersebut menjadi sebuah momen dalam mengembangkan dan membangun ketahanan UMKM di tengah kondisi perekonomian Indonesia yang semakin membaik pasca pandemi.

Pada acara tersebut, BCA menghadirkan  coaching clinic dan sosialisasi mengenai program KUR kepada UMKM potensial maupun masyarakat secara umum melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) BCA. 

"Selain itu, BCA juga turut menghadirkan booth pameran kain tenun yang merupakan salah satu produk UMKM unggulan BCA dari pengrajin lokal," jelasnya lagi.

Baca Juga: Siapkan SDM Digital Unggul Dan Berdaya Saing, Kominfo Sediakan Pelatihan Dan Beasiswa

Hingga tanggal 6 Mei 2022, total penyaluran KUR BCA tercatat mencapai Rp228 miliar, atau meningkat 215 persen secara tahunan (YoY) dari tahun sebelumnya. Sementara itu, bunga KUR BCA saat ini 6 persen dengan p.a maksimal 5 tahun. Selain itu, juga ada penawaran menarik lainnya dari program KUR BCA yakni bebas biaya admin dan provisi.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat membantu pengusaha UMKM di Indonesia kembali bangkit ditengah pemulihan ekonomi Indonesia pasca pandemi Covid-19," katanya.

Sebelumnya, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, Iskandar Simorangkir, mengatakan hingga 9 mei 2022, penyaluran KUR nasional mencapai 33,68 persen atau Rp125,67 triliun dari target tahun 2022 dan telah diberikan kepada 2,72 juta debitur. 

Baca Juga: Senator Dailami Firdaus Suarakan Kekhususan Jakarta Setelah IKN Pindah Ke Kalimantan Timur

Penyaluran KUR di wilayah Solo Raya hingga 11 Mei 2022 adalah sebesar Rp4,28 triliun atau 18 persen dari total penyaluran KUR di Provinsi Jawa Tengah, dengan realisasi KUR di Kota Solo  mencapai Rp 451 miliar. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat