unescoworldheritagesites.com

Sarpras Dilengkapi, Kementan Perkuat Peran P4S - News

Peran P4S Kementan ditingkatkan (Ist)

: Kementerian Pertanian memperlihatkan keseriusan menggenjot sektor pertanian. Sarana dan prasarana pendukung pertanian dilengkapi, termasuk di P4S.

Seperti yang dilakukan Kementan, melalui BPP Lampung yang menyerahkan bantuan sarpras untuk memperkuat P4S di Desa Gondang Rejo, Kecamatan Pekalongan, Lampung Timur, Jum'at (20/05/22).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan pembangunan pertanian tidak bisa dilakukan sendirian.

"Semua stakeholder terkait harus bergerak bersama-sama. Membangun bersama. Karena tantangan pertanian adalah menyediakan pangan untuk seluruh masyarakat Indonesia," katanya.   

Baca Juga: Mentan: PMK Hewan Tidak Menular Ke Manusia, Kementan Siapkan Strategi Pemberantasan

Baca Juga: Kementan Siapkan Tenaga Medis Terlatih Khusus Tangani PMK Hewan

Hal senada disampaikan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi.

"Kementerian Pertanian, melalui BPPSDMP, memperkuat peran poktan, termasuk juga BPP Kostratani, dan P4S. Harapannya, pembangunan pertanian akan semakin masif dilakukan," katanya.  

Penguatan P4S yang dilakukan Kementan melalui BPP Lampung, adalah berupa penyaluran peralatan dan mesin ke P4S Maju Bersama di Desa Gondang Rejo, Kecamatan Pekalongan, Lampung Timur.

Ketua P4S Maju Bersama, Sucipto menyampaikan jika moto tempatnya adalah bertani bukan hanya sebuah pekerjaan tetapi sebuah jalan hidup. 

"Rencananya, tanggal 23 kita  akan berangkat ke Jawa Timur untuk studi banding. Selain itu, kita berharap dengan rencana sekolah petani milenial dan sekolah petani tangguh dapat ditindaklanjuti dengan pembelajaran 8 kali pertemuan," katanya. 

Menurutnya, kunjungan Kepala BPP Lampung dan penyerahan bantuan sangat mendukung rencana tersebut.

Penyerahan bantuan dihadiri Kepala Dinas Ketahan Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Lamtim yang diwakili Irza Murni, Kasi Kelembagaan Mustofa, perwakilan Satpol PP Eko, dan Korluh Suyati.

Kepala BPP Lampung, Abdul Roni Angkat, sangat mengapresiasi P4S Maju Bersama. Karena terdapat 12 desa yang sudah bergabung. Untuk itu, perlu dibuatkan peta atau mapping. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat