unescoworldheritagesites.com

Kementan Dan Pemda Sulsel Siap Gelar Dan Sukseskan Pra Penas 2022 - News

FGD Kementan (Ist)

:Kementerian Pertanian menegaskan komitmennya dalam memantapkan penguatan komoditi lokal untuk kemandirian pangan. Melalui kemandirian pangan diharapkan kesejahteraan petani meningkat.

Salah satu kegiatan guna memotivasi dan menggairahkan petani-nelayan, petani hutan serta masyarakat pelaku agribisnis dalam pembangunan sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui kemitraan yang saling menguntungkan adalah PRA-PENAS.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menjelaskan PRA-PENAS merupakan ajang pertemuan antara petani nelayan. Selain itu, PRA PENAS juga sebagai wadah belajar mengajar, tukar menukar informasi dan berbagi pengalaman serta pengembangan kemitraan.

Baca Juga: Bangun Kepercayaan Publik Di Era Society 5.0, Kementan Deraskan Informasi Lewat Humas

“Melalui PRA-PENAS diharapkan dapat membangkitkan semangat, tanggung jawab serta kemandirian sebagai pelaku utama pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan, ujar Mentan Syahrul.

Baca Juga: Kartini Milenial, Letda Ida Ayu Damayanti, Teknisi Pesawat F-16 Wanita Pertama

Secara terpisah, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nuryamsi mengatakan kegiatan PRA-PENAS dilaksanakan sebelum PENAS XVI untuk mempersiapkan dan merancang kegiatan-kegiatan PENAS XVI di Sumatera Barat.

Menindaklanjuti hal itu, Kementan melalui BPPSDMP bersama-sama dengan Kelompok KTNA Nasional melakukan Rapat Koordinasi dengan Pemda Prov. Sulsel dan Kab. maros, Kamis (19/5/2022) di Ruang Pola, Kantor Bupati Kabupaten Maros.

Dalam sambutannya Bupati Maros yang diwakili oleh Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari Pemda Maros mengatakan siap mendukung dan mensukseskan Pra Penas tahun 2022.

Suhartina Bohari menambahkan, guna mensukseskan PRA-PENAS Pemerintah Kabupaten Maros juga akan menyiapkan gedung-gedung pertemuan milik pemda dan sarana prasarana sebagai lokasi pertemuan untuk rembug utama, temu wicara, temu profesi, serta akan menyiapkan homestay bagi para peserta.

Beliau mengharapkan di rapat koordinasi ini dibahas secara detail pembagian tugas dan penanggung jawabnya masing-masing kegiatan dan mengingatkan kepada seluruh panitia dan meminta untuk disampaikan kepada seluruh peserta pra PENAS 2022 untuk mendukung kampanye Go Green yang digalakkan oleh Pemkab Maros ditahun 2022 ini. Suhartina Bohari mengajak agar peserta menggunakan tumbler untuk minum dan Pemkab Maros akan menyediakan depot-depot pengisian ulang air minum.

Sementara, Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian, Bustanul Arifin Caya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Maros yang sudah menyiapkan waktu dan tempat untuk pelaksanaan Rapat koordinasi kali ini.

Diharapkan agar Panitia Pusat, Panitia daerah dan KTNA pada rapat koordinasi ini, masing-masing bidang membahas pada rapat masing-masing bidang yang akan dilaksanakan pada hari jumat, 20 Mei 2020. Sehingga setelah rapat koordinasi ini pantia masing-masing kegiatan bisa langsung bekerja mempersiapkan masing-masing kegiatan, ujar Bustanul

Dilanjutkan dengan paparan kesiapan Pra Penas 2022 oleh Ketua Umum Kelompok KTNA Nasional Mohamad Yadi Sofyan Noor menceritakan ide awal tercetusnya Pra Penas yang akan dihadiri oleh 4.120 peserta dari 26 Provinsi se Indonesia berdasarkan data pendaftaran peserta per tanggal 16 Mei 2022 kemarin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat