unescoworldheritagesites.com

Airlangga Dorong AMTD Group Investasi Di Jasa Keuangan Dan Sektor Riil Indonesia - News

 (Kemenko Ekonomi)

: Indonesia memiliki nilai ekonomi digital tertinggi di ASEAN yakni menguasai 40% dari pangsa pasar dengan nilai mencapai USD 70 miliar pada tahun 2021. Nilai tersebut diperkirakan akan terus tumbuh hingga mencapai USD 146 miliar pada tahun 2025.

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menghadiri pertemuan bilateral dengan Chairman of the Board of Directors AMTD Group, Dr Calvin Choi, di sela-sela kunjungan kerja di Davos, Swiss, Senin (23/5/2022).

"Khusus di sektor Financial Technology (fintech), aset fintech pada November 2021 telah mencapai Rp4,1 triliun dengan total 104 pihak yang terdaftar," ungkap Airlangga dalam keterangan tertulis di laman resmi Kemenko Ekonomi.

Baca Juga: Disalurkan Bantuan Jaring Untuk Nelayan Perbatasan Talaud Sultra

Menurut Airlangga, kondisi ini tidak terlepas dari tanggung jawab pemerintah untuk mencapai target inklusi keuangan nasional sebesar 90% orang dewasa Indonesia memiliki akses ke layanan keuangan formal pada tahun 2024.

Airlangga menjelaskan, keberadaan pandemi Covid-19 telah memicu masyarakat untuk beradaptasi dalam melaksanakan aktivitas, termasuk aktivitas ekonomi melalui pemanfaatan sejumlah layanan digital.

"Melihat potensi digitalisasi ekonomi yang begitu besar, pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk memanfaatkan peluang besar yang bisa mendorong perekonomian nasional semakin kuat," ujar Menko Ekonomi RI.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Kediri Serahkan Santunan Di Momen Peringatan Hari Buruh

Dalam pertemuan tersebut Menko Airlangga dan Dr Calvin Choi mendiskusikan beberapa hal terkait dengan perkembangan inklusi keuangan dan peluang investasi pada sektor keuangan.

Menko Airlangga pun mengajak AMTD Group sebagai salah satu institusi keuangan yang berpusat di Hong Kong, untuk berinvestasi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Indonesia dalam mendukung pemulihan ekonomi.

Dr Choi merespon baik tawaran Pemerintah Indonesia dan melihat momentum pertemuan ini sebagai kesempatan bagi AMTD Group untuk melakukan studi lebih lanjut dalam rangka investasi di Indonesia, terutama dalam sektor keuangan dan sektor riil.

Baca Juga: Dikembangkan Digital Nomad Island Untuk Tingkatkan Parekraf Di Pulau Seribu

Pada kesempatan tersebut, Menko Airlangga juga menyampaikan bahwa Indonesia sudah mempunyai 2 decacorn dan tiga Apple Academy di Jakarta, Surabaya, dan Batam. Diharapkan pada lima tahun ke depan, akan tercipta 6 juta digital talents.

Pemerintah juga sudah meluncurkan super tax deduction untuk sektor pendidikan serta kegiatan penelitian dan pengembangan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat