unescoworldheritagesites.com

Kementan dan Kejati Lampung Tanam Bibit Pohon di Pesawaran - News

Program tanam pohon kementan dan kejati Lampung (Ist)

: Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung menanam bibit pohon buah bersama masyarakat Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran, Lampung, yang dipusatkan di D’Rajash Beach Pesawaran,  Sabtu (15/10/2022).

Dalam kesempatan itu, Kementan diwakili Inspektur Jenderal, Jan Maringka, yang ditemani Kepala Kejaksaan Tinggi Lampung, Nanang Sigit Yulianto. Selain menanam, dilakukan juga  pemberian bantuan bibit pohon yang merupakan bagian dari kegiatan bakti sosial Keluarga Besar Adhyaksa 689 (angkatan 89) bekerjasama dengan Kementerian Pertanian dengan tajuk Jaksa Menanam.

Dalam kegiatan itu, Irjen Kementerian Pertanian, yang didampingi Kepala UPT Kementerian Pertanian di wilayah Provinsi Lampung, Kepala Balai Pelatihan Pertanian Lampung, Kepala BPTP Lampung, Kepala Balai Karantina Pertanian Lampung dan Balai Veteriner Lampung.

Baca Juga: Malang Indonesia International Challenge 2022, Dejan-Gloria Rebut Gelar Ganda Campuran

“Menanam pohon memberikan manfaat yang berkelanjutan, dan merupakan pemeliharaan lingkungan. Bagi para petani, menanam pohon juga merupakan upaya menjaga ketahanan pangan,” terang Jan Maringka, di sela-sela acara.

Lebih lanjut Jan berharap kegiatan tanam pohon ini menjadi titik balik untuk melaksanakan pemulihan kualitas lingkungan, sehingga dapat mewariskan kondisi lingkungan yang baik dan sehat kepada anak cucu, dan menjadikan Kabupaten Pesawaran khususnya memiliki kualitas lingkungan yang baik, hijau dan asri. 

"Ini juga merupakan salah satu upaya bersama untuk mengatasi perubahan iklim dan pemanasan global," jelasnya.

Baca Juga: Profil Irjen Pol Toni Hermanto Kapolda Jawa Timur Baru

Jenis bibit pohon yang ditanam dan diserahkan ke masyarakat seluruhnya berjumlah 273 bibit terdiri dari pohon Lengkeng, Jeruk, Durian, Mangga, Nangka, Alpukat, Jambu Jamaika, Kakao dan Kopi Robusta. 

Seluruh bibit yang diserahkan merupakan bibit bermutu yang memiliki potensi produksi tinggi yang dihasilkan oleh BPTP Lampung dan juga Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung, sehingga diharapkan pohon buah-buahan yang ditanam dapat memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat.

Kegiatan Jaksa Menanam keluarga besar Adhyaksa 689 juga dihadiri Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, Kajari Bandar Lampung Helmi, Kajari Pesawaran Diana Wahyu Widiyanti dan Owner D’Rajash Beach Anton. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat