unescoworldheritagesites.com

Kemenhub Optimalkan Pelayanan Dalam Penerbangan Perdana Umrah di Bandara Kertajati - News

Penerbangan perdana Umrah dari Bandara Kertajati

:  Masyarakat Jawa Barat dan sekitarnya kini dapat menikmati  penerbangan umrah dari Bandar Udara Kertajati langsung menuju Jeddah, Arab Saudi. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) bersama dengan pemangku kepentingan melakukan prosesi pelepasan penerbangan umrah di Bandara Kertajati, Minggu (20/11/2022).

“Kami selalu berupaya untuk mendorong digunakannya Bandara Kertajati sebagai tempat penerbangan umrah. Kini upaya itu membuahkan hasil dengan diselenggarakannya penerbangan umrah pasca pandemi berkat kolaborasi dan dukungan pemerintah pusat, pemerintah daerah dan operator penerbangan,” ujar Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Nur Isnin Istiartono, Minggu (20/11/2022).

Penerbangan ini membawa 225 jamaah umrah, diantaranya berasal dari wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning). Diberangkatkan dengan pesawat Garuda Indonesia jenis Airbus 330-300 langsung dari Kertajati menuju Jeddah, Arab Saudi.

Baca Juga: Terkoneksi Tol Cipali, Akses Bandara Kertajati Dukung Pertumbuhan Ekonomi Jabar

Staf Ahli bidang Keselamatan dan Konektifitas Perhubungan Kementerian Perhubungan, Maria Kristi Endah dalam kesempatan tersebut ikut melepas para jamaah umrah yang berangkat dari Bandara Kertajati.

“Kita patut bangga, Bandara Kertajati kini telah bisa melayani penerbangan umrah, sehingga masyarakat dari  Ciayumajakuning dan sekitarnya tidak perlu melakukan perjalanan darat jauh ke Bandara Soekarno- Hatta untuk berangkat umrah. Fasilitas sarana dan prasarana di Bandara Kertajati tak kalah lengkap dan luas. Mari memanfaatkan keberadaan bandara ini sebaik-baiknya,” tutur Maria Kristi.

Penerbangan umrah dari Bandara Kertajati ini, kata Isnin,  diharapkan dapat menjadi awal yang baik bagi pemulihan operasional penerbangan di Bandara Kertajati. “Semoga bisa menjadi stimulus bagi operasional penerbangan bandara ini dan terus berlangsung serta berkelanjutan. Saya yakin dengan dukungan dari semua pihak, bandara ini akan berfungsi dengan baik untuk membuka konektifitas dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan transportasi udara," harapnya.

Baca Juga: Tol Bandara Kertajati Dimulai, Konektivitas Tol Cipali-Cisumdawu Terwujud 2021

Bandara Kertajati merupakan salah satu bandara yang terdampak pandemi Covid-19. Kementerian Perhubungan bersama stakeholder penerbangan lainnya terus melakukan upaya dan langkah-langkah agar semua bandara yang terdampak kembali menggeliat. Salah satunya dengan meminta dukungan dan peran serta pemerintah daerah dalam memastikan tingkat keterisian maskapai yang  beroperasi di bandara yang ada di wilayahnya masing-masing.

Direktur Utama PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Muhamad Singgih dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasinya.

“Kami berterima kasih kepada Kementerian Perhubungan atas segala dukungan yang telah diberikan, sehingga pelaksanaan umrah pasca pandemi melalui Bandara Kertajati ini dapat terselenggara," katanya.

Penerbangan umrah ini merupakan langkah konkrit dari tindaklanjut arahan Menteri Perhubungan agar pemerintah pusat, pemerintah daerah serta operator penerbangan berkolaborasi dalam mendukung optimalisasi pengoperasian penerbangan di Bandara Kertajati.

Baca Juga: Pemerintah Evakuasi WNI ABK Diamond Princess Via Bandara Kertajati

"Kami mengapresiasi pengelola BIJB, Pemerintah Daerah Jawa Barat dan maskapai Garuda Indonesia atas terselenggaranya penerbangan umrah ini. Semoga antusiasme masyarakat yang ingin terbang dari Bandara Kertajati makin banyak, dan semakin banyak pula beroperasi maskapai penerbangan membuka rute penerbangan ke bandara lainnya. Sehingga hal ini mampu mendukung pemulihan operasional penerbangan dan meningkatkan perekonomian masyarakat," harap Isnin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat