unescoworldheritagesites.com

Pesan Tiket Kereta Api Jarak Jauh di Wilayah Daop 8 Surabaya Masih Terbuka - News

Ilustrasi

: Peluang pesan tiket kereta api jarak jauh untuk libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) di wilayah Daop 8 Surabaya masih terbuka. Mulai keberangkatan dari Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasarturi hingga Stasiun Malang.

Pihak KAI Daop 8 Surabaya menghimbau agar pesan tiket kereta api dilakukan jauh hari sebelum keberangkatan. "Karena tiket KA masa libur Nataru sudah dapat dipesan sejak 45 hari sebelum jadwal keberangkatan yang dipilih," ujar Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, Rabu (14/12/2022).

Hingga saat ini, kata dia, pesan tiket kereta api jauh masih terbuka. Karena sampai Selasa (13/12/2022) kemarin, tiket KA masa Nataru yang terjual masih sebanyak 144.925 tiket. Dia memastikan jumlah penjualan tiket itu akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung secara online.

Baca Juga: Lirik Lagu Kini Ecko Pergi Meninggalkanku ‘Abang Jahat Aku Tu Cinta Berat’ yang Lagi Banyak Diburu

Pihaknya mempersilakan pelanggan untuk memantau jalur online melalui aplikasi KAI Access untuk mengetahui ketersediaan tiket. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk pemesanan tiket, mengetahui perubahan jadwal dan pembatalan tiket.

Selain melalui aplikasi ini, pemesanan tiket juga dapat dilakukan melalui agen resmi penjualan online dan retail yang sudah bekerjasama dengan KAI. Dan pada libur Nataru ini, KAI menerapkan masa angkutan selama 18 hari mulai 22 Desember 2022 sampai 8 Januari 2023.

Luqman mengingatkan calon pelanggan untuk memperhatikan ketentuan perjalanan menggunakan KA sesuai aturan pemerintah sebelum membeli tiket agar terhindar dari resiko gagal berangkat karena persyaratan tidak lengkap.

Baca Juga: Lirik Lagu Tanpa Batas Waktu Ciptaan Ade Govinda yang Kembali Viral

Syaratnya, untuk pelanggan usia 18 tahun ke atas wajib vaksin ketiga (booster), WNA dari perjalanan luar negeri wajib vaksin kedua, dan yang tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

Sedangkan untuk pelanggan usia 6-17 tahun, wajib vaksin kedua, dari perjalanan luar negeri tidak wajib vaksin, dan bagi yang tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

Untuk pelanggan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR, namun wajib dengan pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Baca Juga: Lirik Lagu Desaku Ciptaan L Manik yang Selalu Dikenang

Persyaratan vaksin tersebut saat ini sudah tidak dapat lagi digantikan melalui pemeriksaan PCR atau Antigen. Pelanggan yang tidak melengkapi persyaratan akan diarahkan untuk melakukan pembatalan tiket sesuai aturan normal di loket stasiun.

Pelanggan yang sudah pesan tiket kereta api tetap diwajibkan menggunakan masker selama dalam perjalanan di atas KA dan saat berada di stasiun. Untuk mengedepankan protokol kesehatan, seluruh calon pengguna kereta api di wilayah KAI Daop 8 Surabaya tetap harus melalui pemeriksaan suhu tubuh di stasiun dan wajib memiliki suhu tubuh normal tidak lebih dari 37,3 derajat celcius. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat