unescoworldheritagesites.com

Menhub Budi Karya Sumadi: Layanilah Penumpang Tanpa Pamrih - News

Menhub Budi Karya Sumadi meminta jajarannya agar melayani penumpang tanpa pamrih hingga mereka merasa nyaman

 

 

:  Menteri Perhubungan  (Menhub) meminta kepada para petugas di stasiun untuk melayani dengan hati, sehingga bisa memberikan pelayanan yang prima kepada para penumpang kereta api yang akan bepergian di masa libur Nataru.

“Laksanakan tugas dengan sepenuh hati dan berikan pelayanan yang terbaik kepada para pengguna kereta api, yang menjadi salah satu moda favorit masyarakat di masa libur Nataruataru,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi, Kamis (22/12/2022).

Menhub mengungkapkan, tugas yang dijalankan para insan kereta api dalam menjaga kelancaran transportasi pada masa libur nataru merupakan tugas yang mulia.

“Salah satu pegawai KAI yang saya temui tadi bernama pak Mustahilah yang melayani para penumpang tanpa pamrih. Jika kita semua melaksanakan tugas dengan baik, Insha Allah penyelenggaraan angkutan Nataru ini bisa berjalan dengan baik,” tutur Menhub.

Mustahilah awalnya adalah pegawai tidak tetap, yang bertugas sebagai petugas keamanan di PT Kereta Commuter Indonesia. Belum lama ini, dia membantu seorang ibu pengguna kereta komuter Jabodetabek yang sedang sakit, saat melakukan perjalanan dari Stasiun Cikini menuju Stasiun Tanjung Barat. Atas dedikasinya tersebut, Mustahillah diangkat menjadi pegawai tetap.

Baca Juga: Kemenhub Ajak Perusahaan Pelayaran Kampanye Keselamatan & Tingkatkan Pelayanan

Selain itu, Menhub juga meminta jajaran PT KAI mengantisipasi lonjakan penumpang kereta api pada masa libur Nataru kali ini yang diprediksi sekitar 5,11 juta masyarakat akan melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi kereta api. Jumlah ini meningkat 127,64 persen dibandingkan tahun lalu, atau meningkat hampir 3 kali lipat.

Di tengah tren kenaikan penumpang, Budi Karya Sumadi meminta PT KAI untuk mengantisipasi kemungkinan adanya ancaman tindak kriminalitas dan terorisme untuk mulai menggunakan alat bantu metal detector guna memeriksa barang bawaan penumpang.

Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh penumpang kereta api.

Dirut PT KAI Didiek Hartantyo menjelaskan, pihaknya telah melakukan berbagai kesiapan guna menghadapi masa angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yang berlangsung mulai 22 Desember 2022 s.d. 8 Januari 2023. Termasuk mendirikan Posko selama masa libur Natal dan Tahun Baru di 9 DAOP dan 4 Divre.

“Persiapan yang sudah kita lakukan yaitu melakukan ramp check, pengecekan standar pelayanan minimum di seluruh DAOP dan Divre sudah dilakukan bersama dengan Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, KNKT, dan TNI Polri di bulan Oktober dan November,” ujarnya.

Baca Juga: Demi Pelayanan Publik Berkualitas, Kemenhub Luncurkan Aplikasi SIM KPLP

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat