unescoworldheritagesites.com

Ribuan Jiwa Terdampak Anomali, Pemprov NTB Distribusikan Beras dan Sembako - News

Masyarakat nelayan terdampak anomali cuaca di Lombok Barat terima bantuan cadangan pangan dari Gubernur NTB. (Suara Karya/Hernawardi)

Anomali cuaca tak menentu, angin kencang disertai hujan deras berpengaruh terhadap aktivitas keseharian ratusan nelayan terutama yang bermukim di lawasan pesisir terhadap mata pencaharian utamanya sebagai nelayan.

Di Desa Kuranji Dalang, Kecamatan Labuapi, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat misalnya tercatat sebanyak 489 KK atau 1.776 jiwa yang terdampak secara ekonomi utamanya ketahanan pangan keluarga. Karena itu Pemklab Lombok Barat meresponnya dengan mengajukan permintaan cadangan beras termasuk 9 kebutuhan pokok lainnya untuk dialokasikan kepada warga penerimaan manfaat.

Pemprov NTB dengan cepat merespon kondisi masyarakat nelayan setempat dengan mendistribusikan cadangan pangan berupa beras, telur, minyak goreng, mie dan lainnya kepada warga setempat, Kamis (5/1/2023).

 

Baca Juga: Food Estate Perkuat Cadangan Pangan, Jangan Biarkan Kementan Sendirian! 

Gubernur NTB H Zulkieflimansyah yang menyerahkan bantuan pangan tersebut berharap bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat desa Kuranji terutama para nelayan yang terdampak cuaca ekstrim seperti hujan lebat disertai angin kencang saat ini hampir terjadi di seluruh wilayah NTB.

 

Baca Juga: BKP Kementan Dorong Pemda Perkuat Cadangan Pangan

"Kita tetap harus waspada karena bencana akan datang kapan saja. Mudahan-mudahan ini menjadi pelajaran buat kita untuk selalu dekat dengan Tuhan yang Maha Esa," harap Bang Zul sapaan akrab orang nomor satu di NTB ini.

Bang Zul juga meminta kepada dinas-dinas terkait untuk menelusuri daerah-daerah lain terutama daerah pesisir dan daerah pulau yang mungkin saja terdampak anomali cuaca yang tidak diketahui. Mengingat jarak yang jauh dan komunikasi yang terbatas sehingga jangan sampai luput dari perhatian pemerintah.

"Saya minta kepada dinas pangan provinsi dan kabupaten untuk membuka secara luas agar masyarakat yang jauh bisa kita bantu," harap Bang Zul.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan NTB Abdul Aziz menjelaskan, bahwa bantuan ini dalam rangka menindakalanjuti permohonan Cadangan Pangan Pemerintah yang diajukan oleh para nelayan yang berlokasi di Desa Kuranji Dalang dan Desa Kuranji Bangsal akibat terjadinya anomali cuaca.

"Bantuan ini sangat membantu bagi warga nelayan kami. Semoga Bapak Gubernur diberi umur panjang dan kesehatan," kata Kepala Desa Kuranji Dalang, M Siddik. ***

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat