unescoworldheritagesites.com

Darurat Literasi Finansial versi BRI Perlu Didukung - Buktinya Tukang Becak Kuras Rekening Pihak Lain - News

Darurat Literasi Finansial versi BRI  Perlu Didukung - Buktinya  Tukang Becak Kuras Rekening Pihak Lain Rp345 Juta. (Istimewa)


: BRI terus mengedukasi stabilitas transaksi  keuangan atau literasi finansial - masyarakat. Ini terkait, bagaimana mengamankan data diri agar tak dimanfaatkan  pihak lain untuk kejahatan perbankan.

BRI sangat mendukung pemberantasan kejahatan online perbankan yang kian marak belakangan ini.

BRI dan Kepolisian terus berupaya  menjaga keamanan transaksi perbankan secara legal.  Tanpa gangguan pelaku  kejahatan seperti saat ini.

Baca Juga: Dukung Polri Sikat Kejahatan Perbankan - BRI Proaktif Ungkap Pelaku Pembuat dan Penyebar APK Palsu

Contoh kasus. Seorang tukang becak berhasil mengelabui teller bank swasta dan menguras uang rekening orang lain sebesar Rp 345 juta.

Teller  ini tertipu karena pelaku menggunakan identitas orang lain untuk mengambil uang.
Lalu bagaimana nasib teller tersebut.

Menanggapi hal tersebut Executive Vice President Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengungkapkan kasus tersebut saat ini masih dalam proses  di pengadilan.

"Kami menghormati proses hukum yang sedang berjalan sehingga BCA belum dapat menyampaikan tanggapan terkait materi atau pokok perkara sampai putusan persidangan keluar," kata dia kepada wartawan, Kamis (19/1/2023).

Dia menjelaskan, pihaknya meyakini dan percaya bahwa sistem peradilan dan fungsi penegakan hukum dapat memberikan keadilan dalam menyelesaikan kasus ini.

Hera mengungkapkan, keamanan data nasabah merupakan prioritas utama dan merupakan tanggung jawab bersama.

Baca Juga: Polisi Beraksi 13 Komplotan Penipu Online Modus Phising Pengiriman APK Ditangkap - BRI Support

Oleh karenanya BCA menyarankan agar nasabah senantiasa mengamankan data tersebut sebaik mungkin untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan atau penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

BCA mengimbau kepada semua nasabah BCA untuk  tidak memberikan data yang bersifat rahasia kepada pihak manapun (termasuk kerabat atau orang terdekat), seperti:

Personal Identification Number (PIN)
One Time Password (OTP)
Password
Response KeyBCA
Card Verification Code (CVC) atau Card Verification Value (CVV)

"BCA senantiasa berkomitmen memberikan layanan yang terbaik kepada nasabah dan terus meningkatkan kualitas keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi," jelas dia.

Baca Juga: BRI Siap Dampingi UMKM Naik Kelas Hingga Mancanegara Untuk Kompetisi Bisnis Tingkat Global

Karena itu literasi finansial versi BRI harus terus digaungkan  kepada masyarakat luas.***




Terkini Lainnya

Tautan Sahabat