unescoworldheritagesites.com

Telkom Dukung Pengembangan Desa Mandiri Berkonsep Wisata - News

Aktivitas warga lokal Desa Wisata Liang Ndara, Manggarai Barat.

: Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mendukung pembangunan desa mandiri melalui penerapan program Sustainable Tourism Development untuk pengembangan konsep berwisata. Salah satunya di Desa Timbuseng, Kecamatan Pattalassang, Kabupaten Gowa.

Desa ini memiliki sumber daya flora dan fauna yang berpotensi dikembangkan menjadi kawasan wisata alam. "Telkom bersama masyarakat Desa Timbuseng menginisiasi kawasan hutan bambu yang ada, menjadi Ekowisata Bambu Desa Timbuseng," ujar SGM Community Development Center Telkom Hery Susanto, Rabu (1/2/2023).

Dalam implementasinya, dilakukan pembentukan kelompok serta berbagai pelatihan pengolahan kerajinan bambu untuk memberdayakan pemuda lokal. Mereka didorong untuk menghasilkan produk kerajinan bernilai dan menciptakan peluang usaha.

Baca Juga: Lirik Lagu Sial 'Puas Kau Curangi Aku' yang Dipopulerkan Mahalini

Telkom juga mendirikan fasilitas penunjang seperti jembatan, kedai/warung kuliner, hingga spot foto untuk melengkapi daya tarik kawasan Ekowisata Bambu Desa Timbuseng. "Terbentuknya kelembagaan Ekowisata Bambu Desa Timbuseng juga menggerakkan masyarakat dan pemerintah lokal untuk turut berpartisipasi dalam pengembangan," ujarnya.

Selain Desa Timbuseng, kawasan Labuan Bajo juga menjadi sasaran lokasi program. Labuan Bajo memiliki 19 Desa yang beberapa diantaranya masih tergolong sebagai daerah tertinggal, salah satunya adalah Desa Macang Tanggar.

Memiliki luas wilayah sebesar 43,76 km2 dengan permasalahan terkait kelayakan sarana pendidikan dan sanitasi air bersih, Desa Macang Tanggar memperoleh bantuan pembangunan sekolah dan penyaluran air dari Telkom.

Baca Juga: Lirik Lagu Bohongi Hati by Mahalini 'Aku Tersiksa Melihat Semuanya Berubah' yang Sedang Viral

Pada tahun 2022, Telkom melakukan pemberian bantuan berupa pembuatan kandang hewan ternak dengan pemanfaatan material alami yang diperoleh dari hutan jati pada area desa Macang Tanggar. Untuk lebih menarik minat wisatawan, terdapat area kandang terbuka yang memungkinkan interaksi antara wisatawan dengan hewan ternak.

Menurut Hery Susanto, program pembangunan lingkungan dan sosial dijalankan Telkom secara penuh dengan prinsip yang lebih terintegrasi, terarah, serta terukur dampaknya untuk dapat dipastikan kebermanfaatannya oleh masyarakat. "Ke depandiharapkan Telkom dapat terus menghadirkan program yang solutif untuk dapat lebih megembangkan daerah berpotensi lainnya di Indonesia," ujarnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat