unescoworldheritagesites.com

Resmikan Kawasan Sains dan Teknologi STP, Menko Airlangga Hartarto Berharap Lahirkan Starup Baru - News

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat meresmikan STP (Endang Kusumastuti)

 

: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto berharap keberadaan Solo Techno Park (STP) mampu melahirkan startup baru.  Hal ini diungkapkan Airlangga saat meresmikan Kawasan Sains dan Teknologi Solo Teckno Park di Kota Solo, Jawa Tengah, Senin (6/2/2023).

"Kami berharap Solo Techno Park dapat memperkuat intersektor dan multi stakeholders dan ini merupakan solusi inovatif memenuhi kebutuhan teknologi untuk semua," jelas Menko Perekonomian.

Menurut Airlangga, Kota Surakarta memiliki peran strategis dan ini menjadi kota industri kecil menengah, dan kota jasa dalam 15 tahun terakhir. Dengan  pertumbuhan ekonomi mencapai 5,8 persen. 

Baca Juga: Usai Prabowo, Giliran Ketum Partai Golkar Bertemu Gibran di Solo

"Solo Techno Park ini menjadi salah satu ikon untuk talenta-talenta kreatif. Atas nama Bapak Presiden dan Pemerintah melakukan apresiasi atas revitalisasi STP terutama dengan kerja sama dengan Shopee, Bank Mandiri, SKK Migas, dan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa," jelasnya lagi.

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka pada kesempatan yang sama mengatakan, pihaknya berharap dengan hadirnya fasilitas terbaru di STP dapat membawa Kota Solo semakin berdaya saing global melalui inovasi dan teknologi. 

“Sebagai salah satu smart city di Indonesia, Solo siap mempersiapkan putra-putri daerah menuju era digital. Dihadirkannya berbagai fasilitas terbaru di kawasan ini diharapkan mampu menjawab berbagai tantangan di era teknologi saat ini," katanya.

Baca Juga: Raih Penghargaan Kebudayaan di HPN 2023, Walkot Surabaya Peduli Rumah Tidak Layak Huni Wong Cilik Rek

Hal ini bertujuan untuk menstimulasi pemulihan ekonomi daerah, yang juga bisa dimanfaatkan warga Solo untuk berkolaborasi dan menciptakan inovasi secara maksimal.

Pemimpin BLUD Kawasan Sains dan Teknologi Solo Technopark, Yudit Cahyantoro menambahkan STP yang didirikan pada tahun 2009 saat ini hadir dengan beberapa fasilitas publik baru yang dapat dimanfaatkan warga lokal. 

Seperti lapangan futsal dan lapangan basket, area komunal termasuk boulevard air mancur serta gedung baru sebagai area kolaborasi yakni Gedung Gumarang dan Gedung Sembrani yang akan menjadi tech-hub untuk melahirkan inovasi. 

Baca Juga: Wanita Inspiratif ini Konsen Cegah Pernikahan Dini

Dalam kesempatan ini, dilakukan juga penyerahan fasilitas Gedung Sembrani, Gedung Gumarang, Boulevard Air Mancur, Lapangan Basket, dan Lapangan Futsal dari Co-Founder and Chief Operating Officer Sea, induk perusahaan Shopee dan Garena, Ye Gang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat