unescoworldheritagesites.com

Serba-serbi Emas Antam dan Cara untuk Jual Belinya - News

Cara Jual Emas Antam (Foto: 123rf)

Investasi emas banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain mudah diperoleh, emas juga dianggap aman karena harganya cenderung stabil. Salah satu cara untuk berinvestasi emas dengan membeli Emas Antam. Temukan serba-serbi soal emas Antam, cara jual emas Antam ataupun membelinya, di dalam tulisan ini.

Emas Antam dihasilkan oleh PT Aneka Tambang (Antam), perusahaan pertambangan negara Indonesia. Emas Antam bersertifikat resmi dari LBMA (London Bullion Market Association). Tidak hanya menjadi emas terpercaya di Indonesia, Emas Antam juga diakui secara internasional.

Sejarah emas Antam di indonesia

Logam emas Antam pertama kali didirikan oleh RT Braakensiek pada tahun 1930. Mulanya, ia hanyalah penjual emas yang berpindah-pindah tempat. Sampai pada tahun 1937, RT Braakensiek memiliki tempat jualan di Jalan Gajah Mada no.84.

Usaha yang semakin berkembang membuatnya mengurus legalitas agar dalam berjualan emas. Pada tahun 1949, pengesahan perusahaan dilakukan dengan nama NV Essaieur en Affinage Bedrijf v/h RT Braakensiek. Lalu beberapa tahun kemudian barulah berubah nama menjadi PT Logam Mulia ketika diambil alih oleh Bank Indonesia.

PT Logam Mulai mengalami perubahan nama sampai akhirnya menjadi Unit Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia dari PT Aneka Tambang.

Emas yang diproduksi PT Aneka Tambang populer di masyarakat. Setiap emas memiliki nomor seri sertifikasi dan kadar emas sampai 99.9 persen. Munculnya sertifikasi menandakan keaslian dari emas Antam.

Emas Antam

Emas Antam memiliki sertifikat dari PT Aneka Tambang. Harga jual emas lebih mahal daripada emas batangan lainnya karena sudah bersertifikat.

Emas yang dijual terdapat ukuran gram dan kilogram serta memiliki cap LM pada batangnya.

Emas London

Emas London adalah emas batangan dari luar negeri dengan pecahan umumnya adalah 1 kg. Ciri-ciri dari emas London adalah memiliki cap perusahaan pada batangnya.

Emas lokal

Emas batangan ini tidak memiliki cap perusahaan maupun sertifikat. Biasanya berbentuk lonjong sedikit penyok. Ukuran yang dijual emas lokal terdiri dari gram dan kilogram.

Tempat beli emas Antam

Terdapat beberapa tempat penyedia jasa penjualan emas Antam. Mulai dari kantor resmi PT Antam hingga bank dapat Anda kunjungi. Beberapa tempat tersebut antara lain:

Kantor Pusat PT. Antam

Kantor pusat PT. Antam Jakarta menyediakan jasa penjualan Emas Antam dalam berbagai ukuran dan denominasi. PT. Antam menyediakan layanan pembelian emas secara online melalui website resmi.

Pegadaian

Pegadaian menyediakan penjualan Emas Antam dalam berbagai ukuran. Cara pembelian emas di Pegadaian cukup mudah. Anda perlu datang ke kantor Pegadaian terdekat dan membawa identitas diri seperti KTP.

Bank

Sebagian besar bank di Indonesia memiliki jasa penjualan Emas Antam. Pembelian emas Antam dapat dilakukan di bank dengan membawa KTP atau identitas lainnya. Beberapa bank juga menyediakan layanan pembelian emas secara online melalui situs resmi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat