unescoworldheritagesites.com

Ekonomi Kreatif Jadi Wadah Pemberdayaan Santriwati di NTB - News

Megawati Lestari (Suara Karya/Megawati Lestari)

: Pemberdayaan perempuan saat ini menjadi isu strategis nasional yang terus dan masih dilaksanakan di daerah. Konsep pemberdayaan perempuan yang saat ini masih banyak menempatkan perempuan sebagai obyek dan bukan subyek menjadi salah satu kendala keberhasilan, meski program ini dikerjakan lintas sektoral dan melibatkan para pihak selain pemerintah.

“Program pemberdayaan perempuan harus mulai didorong pendekatannya agar perempuan menjadi subyek, bukan sekadar obyek pemberdayaan. Kalau mau berhasil optimal dan ada akselerasi, maka saya pikir harus ada perubahan pendekatan. Perempuan harus mulai menjadi subyek, caranya dengan memberikan wadah, aksesbilitas, dan kesempatan yang sama untuk berekpresi," kata Aktuivis Perempuan untuk Demokrasi NTB, Megawati Lestari, Minggu (8/10/2023). 

Menurut Megawati, NTB yang terkenal sebagai salah satu destinasi wisata unggulan nasional punya banyak alternatif yang bisa mendukung pemberdayaan perempuan. Konsep halal tourism dan moslem friendly destination yang menjadi branding, juga menjadi kekuatan tersendiri untuk menyediakn wadah dan akses bagi pemberdayaan perempuan.

 

Baca Juga: Film Terpilih Lokus 7 Diharapkan Bisa Mengangkat Eksistensi Pelaku Ekonomi Kreatif 

"Branding NTB sebagai destinasi wisata bisa menjadi daya ungkitnya. Perlu diadakan banyak event, khususnya Ekonomi Kreatif (Ekraf) penunjang pariwisata yang khusus untuk perempuan dan para santriwati," ujar Megawati.

 

Baca Juga: Satgas Anti Mafia Bola Dorong Pembenahan Sepakbola Nasional Bersih

Megawati menilai, peran Pondok Pesantren dan para santriwati sangat potensial dalam pemberdayaan perempuan secara luas. Tak hanya sekadar mememuhi hak pendidikan perempuan, tapi juga bagaimana ke depan para santriwati bisa turut berpartisipasi dan berkontribusi dalam pembangunan daerah ini.

 

Baca Juga: Kemnaker Apresiasi Gelaran Pelatihan Tuala Lipa, Dalam Upaya Kembangkan Ekonomi Kreatif

"Jumlah penduduk kita di NTB masih dominan dan lebih banyak perempuan, kemudian kita punya banyak santriwati dan alumni Ponpes. Ini kekuatan luar biasa," tukasnya.

Festival dan Pameran Ekraf Santriwati

Dikatakan, event atau kegiatan yang matching dengan kepariwisataan bisa dilakukan. Antara lain Festival atau Pameran Ekraf Perempuan dan Santriwati.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat