unescoworldheritagesites.com

Fasilitas RDF Plant Inisiasi SIG Melalui SBI di Cilacap, Dikunjungi Presiden - News

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) saat mengunjungi fasilitas RDF Plant inisiasi SBI di Cilacap

: Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengunjungj fasilitas pengolahan sampah perkotaan menjadi bahan bakar alternatif atau refuse-derived fuel (RDF) yang dibangun atas inisiasi anak usaha SIG, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI).

Fasilitas RDF Plant Cilacap seluas satu hektar di Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap ini merupakan hasil kolaborasi SBI dengan Pemkab Cilacap, Pemprov Jawa Tengah, Kementerian PUPR, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dan Pemerintah Kerajaan Denmark.

Selain menjadi inisiator, SBI juga merupakan operator resmi sekaligus offtaker produk RDF yang dihasilkan untuk dimanfaatkan sebagai bahan bakar alternatif guna mengurangi penggunaan batu bara dalam produksi semen di SBI Pabrik Cilacap.

Baca Juga: Rizal Ramli Sosok Pemberani dan Teguh pada Prinsip

Menurut Direktur Operasi SIG, Reni Wulandari, pengolahan sampah menjadi bahan bakar alternatif ini merupakan terobosan dalam pemanfaatan sampah yang lebih ramah lingkungan dan menciptakan sirkular ekonomi bagi masyarakat.

SIG menetapkan pemanfaatan RDF sebagai salah satu upaya dekarbonisasi yang merupakan perwujudan pilar strategi keberlanjutan Perlindungan Terhadap Lingkungan dan Menciptakan Nilai Untuk Karyawan & Komunitas.

"Seiring pertumbuhan populasi, sampah menjadi masalah yang masih belum teratasi. Penerapan teknologi RDF menjadi salah satu solusi untuk membantu pemerintah daerah menciptakan lingkungan yang lebih sehat bagi masyarakat dan mengurangi landfill," ujarnya.

Baca Juga: Gibran Malah Ngantor, meski Dipanggil Bawaslu Jakarta

Di sisi lain, RDF juga membantu industri pengguna batu bara seperti industri semen, untuk menurunkan emisi karbon dari proses produksi dan berkontribusi mendukung pencapaian target penurunan emisi karbon yang dicanangkan pemerintah.

Pada tahun 2020, RDF Plant Cilacap berhasil mengolah 21.965 ton sampah perkotaan di Cilacap dan menghasilkan 7.668 ton RDF. Jumlah ini terus menunjukkan peningkatan pada tahun-tahun berikutnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat