unescoworldheritagesites.com

Rumah BUMN SIG Rembang, Bantu Kembangkan Fesyen Oktavirasa - News

Karya Oktavirasa turut memeriahkan perayaan HUT ke-78 Provinsi Jawa Tengah di GOR Adhi Karsa, Kabupaten Brebes.

: Pendampingan Rumah BUMN (RB) Rembang yang dikelola anak usaha PT Semen Indonesia (SIG), PT Semen Gresik berhasil membantu pengembangan penggiat UMKM, Oktavirasa.

Pecinta dunia seni ini mengawali usahanya dari hobi merajut dan kaligrafi untuk hiasan dinding. Saat duduk di bangku kuliah, ia mengembangkan kemahiran dalam merancang busana.

Banyaknya pesanan mendorong Okta untuk merintis usaha OKVISA Craft pada 2015. Bahkan Karya fesyen terbaiknya telah tampil di sejumlah ajang fashion show bergengsi tanah air.

Baca Juga: Mendung Tanpo Udan, Film Drama Komedi yang Siap Membuat Galau Penonton

"Selain busana, sekarang saya juga sudah memproduksi tas, dompet, dan sepatu. Setiap bulannya, rata-rata saya bisa menjual sampai 100 produk, mulai dari kain, pakaian jadi dan produk kerajinan," ujarnya.

Selain memastikan produk yang ramah lingkungan, Okta membagikan ilmunya dengan memberikan pelatihan merajut pakaian secara gratis, bagi kaum perempuan di toko dan rumah produksi OKVISA Craft yang berlokasi di Jl. Dokter Soetomo No Rembang.

Bagi Okta, sukses yang dicapainya tidak terlepas dari peran RB Rembang. Sejak bergabung pada 2020, Okta mengaku banyak mendapat pendampingan berupa pelatihan untuk peningkatan keterampilan dan pemasaran produk.

Baca Juga: KPK Ingatkan Terdakwa Dadang Tri Yudianto Laporkan Dugaan Pemerasan Disertai Bukti-bukti

Kini, OKVISA Craft telah memiliki banyak pelanggan yang tidak hanya berasal dari Rembang, tetapi juga berbagai daerah lain di Jawa Tengah seperti Semarang dan Magelang, hingga daerah lain di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Riau, dan Kalimantan.

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengapresiasi OKVISA Craft yang konsisten menjalankan usaha dengan konsep ekonomi sirkular dan kepedulian sosial yang tinggi.

“Ini adalah hasil nyata dari pelaksanaan misi SIG untuk menciptakan perlindungan lingkungan dan tanggung jawab sosial yang berkelanjutan,” ujarnya.

Baca Juga: Dudy Jocom Kembali Dituntut di Bui Selama Lima Tahun

Karena mengimplementasikan prinsip-prinsip keberlanjutan, RB Rembang memberikan treatment khusus kepada OKVISA Craft dan UMKM binaan lainnya yang memiliki semangat sama, dengan membuka kesempatan lebih luas untuk mengikuti pameran-pameran.

"SIG menyadari, bahwa untuk mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia perlu kolaborasi dari semua pihak," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat