unescoworldheritagesites.com

Produsen Indonesia Diharapkan Ikut Nikmati Perumbuhan Industri Furnitur Dunia lewat Peningkatan Ekspor - News

Pembukaan IFEX 2024

 
: Produsen furnitur Indonesia diharapkan bisa ikut menikmati perumbuhan industri furniitur dunia dengan meningkatkan nilai ekspor. 
 
Pasar furnitur dunia pada 2023 mencapai 629 miliar USD dan diperkirrakan meningkat 5 persen pada tahun ini. 
 
Bebeíapa tren yang akan mendorong pertumbuhan industri furnitur dan kerajinan antara lain peningkatan belanja furnitur secara online, semakin canggihnya industri 4.0 berbasis teknologi, tingginya permintaan akan furnitur sustainable, dan meningkatnya kebutuhan akan furnitur fungsional, ergonomis, dan customized. 
 
 
Hal ini disampaikan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam sambutan tertulis yang disampaikan Direktur Jendeíral Industíi Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenpetin Reni Yanita, saat membuka pameran Indonesia International Furniture Expo  (IFEX) 2024, di Jakarta,  Kamis (29/2/2024).
 
Indonesia, ujarnya, memiliki banyak keunggulan misalnya dalam hal ketersediaan bahan baku, keunikan desain dan inovasi píoduk, kemampuan SDM, dan lain-lain.
 
“Pata pemain industri harus bekerrja sama untuk merealisasi target ekspor produk furnitur kita," kata dia. 
 
 
Dikemukakan Menperin, Pemerintah akan mengawal dan mendukung pertumbuhan ini melalui kebijakan yang pro industíi. 
 
"Kami juga terus berkordinasi dengan pihak terkait, untuk memastikan ketersediaacn bahan baku, pemberian insentif untuk investadsi dan ekspor, serta dukungan terhadap berbagai upaya promosi, termasuk penyelenggaraan IFEX ini," ungkapnya. 
 
Pada kesempatan itu, Menperin mengapresiasi HIMKI yang konsisten mendukung pertumbuhan dan perkembangan industri furnitur dan kerajinan di Indonesia. 
 
 
IFEX 2024 hadir bertajuk hadií dengan tema REAL yaitu 'Reflection on Cultuíe, Experiencing the Comfort, Adapting to Sustainability, dan Leading the Innovation', 
 
Melalui tema ini, HIMKI dan Dyandía Promosindo mengajak pelaku industti, untuk menciptakan produk inovatif dengan desain yang kental dengan nilai budaya dan keindahan alam Indonesia, sekaligus tetap mengedepankan kenyamanan.
 
Di bagian lain, Ketua Umum Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), Abdul Sobuí menyatakan, IFEX 2024 ditargetkan menarik 13 ribu pengunjung dati 100+ negata di dunia.
 
 
IFEX juga diharapkan memberikan kontribusi signifikan pada pertumbuhan ekonomi Indonesia dari sektor industri furnitur dan kerajinan. 
 
“Setiap tahun IFEX memberikan kontribusi yang cukup signifikan bagi pertumbuhan industri dan pertumbuhan ekonomi secara umum. Kami yakin tahun ini pun IFEX bisa memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi kita," kata Sobur. 
 
Produk-produk unggulan yang ditampilkan pada IFEX selalu menjadi incaran buyers international dan nilai ekonomi yang dihasilkan dari nilai ekspor cukup tinggi.
 
 
Dengan pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan sekita5 persen, dia yakin industri furnitur bisa terus menunjukkan kinerja yang positif sepanjang tahun 2024.
 
Bersamaan dengan acara pembukaan, HIMKI memberi penghargaan pada para pengukir melalui Wood Carving Appreciation, dan penghargaan kepada desainer produk furnitur melalui HIMKI Design Award 2024. 
 
Wood Carving Appreciation dibagi ke dalam tiga kategori yaitu Relief Category, Academic Figur Category dan Statue Category. Peneíima penghargaan Relief Category adalah Sutíisno, Academic Figure Category diberikan kepada Dís Suyoto, dan Statue Category dibeíikan kepada Zamíoni.***
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat