unescoworldheritagesites.com

Inisiasi #PilahSampahLebihMudah, MR DIY Pasang Dropbox Recycle Station di 10 Toko - News

Head of Marketing MR DIY Indonesia, Ria Sutrisno (tengah) saat pengenalan Dropbox Recycle

: Brand ritel pemilik cabang terbanyak di Indonesia MR DIY menghadirkan inisiatif #PilahSampahLebihMudah yang holistik dengan fokus 3R (Reuse, Reduce, Recycle).

MR DIY melakukan edukasi sejak dini terkait pengelolaan sampah serta pemanfaatan barang bekas bersama murid-murid Sampoerna Academy Surabaya dan Surabaya Intercultural School.

Pada saat bersamaan, MR DIY juga bersinergi dengan Rekosistem dalam penempatan dropbox recycle station di 10 toko MR.DIY di wilayah Jabodetabek, Bandung, hingga Surabaya.

Baca Juga: Kemnaker Terus Tingkatkan Kinerja Layanan Publik Balai Besar K3 Jakarta

Menurut Head of Marketing MR.DIY Indonesia, Ria Sutrisno, inisiatif #PilahSampahLebihMudah merupakan wujud komitmen MR.DIY untuk mendukung program Indonesia Bebas Sampah.

"Kami berusah memperkenalkan praktik manajemen sampah yang tepat dan berkelanjutan kepada masyarakat serta mengubah perspektif dalam pengelolaan sampah," ujarnya.

Pihaknya berharap, program ini visa menjadikan masyarakat Indonesia lebih bijak dan paham tentang proses pemilahan sampah yang baik dan benar, mengurangi dampak negatif lingkungan, dan melahirkan agen baru untuk mendorong tercapainya Indonesia bebas dari sampah.

Baca Juga: Survei JETRO Tahun 2023: Ini Alasan, Perusahaan Jepang di Indonesia Nyatakan Keinginan Makin Ekspansif

Dilansir dari situs resmi Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2022 mencatat jumlah timbunan sampah nasional mencapai 21,1 juta ton.

Dari total produksi sampah nasional tersebut, 65.71% (13.9 juta ton) dapat terkelola, sedangkan sisanya 34,29% (7,2 juta ton) belum terkelola dengan baik. KLHK memiliki target untuk mencapai Indonesia Bersih Sampah 2025 dengan target pengelolaan sampah harus mencapai 70%.

Untuk mencapai target tersebut, pemerintah menganjurkan penerapan prinsip 3R (Reuse, Reduce, Recycle) dalam mengelola sampah untuk mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan dan memanfaatkan kembali sampah yang dapat didaur ulang.

Baca Juga: KemenPUPR Pacu Pembangunan Bendungan Lau Simeme

Rangkaian program #PilahSampahLebihMudah dimulai dengan kegiatan kunjungan sekolah di kota Surabaya yang diisi dengan permainan memilah sampah dilanjutkan pemanfaatan barang bekas membuat Self-Watering Planters.

Program ini direspon positif kalangan sekolah. Adelina Holmes selaku Principal of Sampoerna Academy Pakuwon Indah misalnya, menyebut progtam ini sangat dekat dengan misi sekolahnya yang bertujuan menciptakan para pemimpin masa depan dan pemikir global yang peduli lingkungan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat