unescoworldheritagesites.com

Gading Nias Residences dan Grand Emerald Apartment Rayakan Halalbihalal, 700 Warga Hadir - News

Warga Gading Nias Residences & Grand Emerald, Kelapa Gading Jakarta Utara larut dalam kegembiraan di acara Halalbihalal .

: Warga Gading Nias Residences & Grand Emerald, Kelapa Gading Jakarta Utara larut dalam kegembiraan di acara Halalbihalal yang mengusung tema "Harmoni dalam Ke beragaman", Selasa malam, 30 April 2024, di area kolam renang Gading Nias Residences, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Sekitar 700 warga turut hadir dalam acara tersebut, berbaur akrab dan pererat tali silaturrahmi dengan antusias. Tak hanya warga beragama Islam, namun tak sedikit juga warga non Muslim (Kristen, Hindu, dan Buddha) ikut merasakan kegembiraan.

Menurut Ketua Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun (PPPSRS) Edison Manurung, perayaan halalbihalal tahun ini sangat meriah. Warga Gading Nias Residences juga merasa terhibur dengan banyaknya kegiatan hari itu.

Baca Juga: Menko PMK: Penanganan Bencana di Tiga Provinsi Berjalan Baik

Selain menghadirkan penceramah kondang ustaz Drs. H Wijayanto, M.A, halalbihalal ini juga dirangkaikan dengan acara Bazar Bazar Jakarta Entrepreneur (Jakpreneur) yang diikuti sekitar 36 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), serta dimeriahkan dengan hiburan dan talk show.

Dalam kesempatan itu, Edison Manurung menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Kota Jakarta Utara, khususnya Suku Dinas (Sudin) Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (PPKUKM) Jakarta Utara, yang mendukung memperdayaan pelaku UMKM yang ada di kawasan Gading Nias Residences dengan menyelenggarakan Bazar Jakpreneur seharian penuh. ”Warga kami, terutama pengusaha kecil sangat antusias dengan pemerintah dan berharap kegiatan ini diadakan rutin. Momentum ini sangat tepat di saat perekonomian sedang kurang baik. Semoga UMKM di sini bisa perkembang lebih baik dan memberi manfaat kepada kita semua,” kata Manurung di acara peresmian Bazar Jakpreneur.

Lurah Pegangsaan Dua, Vera Fitria yang juga hadir mengatakan, Bazar Jakpreneur ini mendapatkan dukungan dari Sudin PPKUKM Jakarta Utara, manajemen Gading Nias Residences, pengurus RT/RW 027 Kelurahan Pegangsaan Dua, dan stakeholder lainnya.
"Bazar ini diikuti pelaku UMKM yang bergerak di bidang fashion, kriya, dan kuliner. Kami berharap, dengan adanya bazar ini para pelaku UMKM dapat mempromosikan sekaligus menjual produknya kepada masyarakat luas," ujar Vera.

Baca Juga: Profesor yang Dikenal Baik Hati itu Berpindah Tugas dari Rektor IAIN Sorong ke UIN Alaudin Makassar

Sementara itu, Caretaker Sekretaris RW 027, Jenny Nababan mengatakan, di Gading Nias Residences ini terdapat satu RW dengan 6 RT (6 tower) dengan 6.340 unit dan sekitar 8.000 ribu jiwa penduduk. Meski cukup dapat tapi kerukunan agamanya sangat luar biasa.

Menurutnya, warga sangat toleran dalam menjalankan aktifitas keagamaannya masing-masing. Setiap Blok Gading Nias Residences ada rumah ibadah baik muslim maupun non muslim. Dengan demikian pun saat ada acara keagamaan apapun, mereka akan saling mengundang, seperti acara halalbihalal hari ini. Semua warga agama apa pun diundang. Begitu pun sebaliknya. ”Jadi kerukunan agama itu dengan sendirinya sudah tercipta. Makanya saya senang dengan tema kali ini yaitu Harmoni dalam Keberagaman. Itu merupakan wujud dari kebersamaan kita dari berbagai agama yang menjadi satu kesatuan,” jelas Jenny.

Lebih jauh, Jenny mengungkapkan, masalah isu-isu keagamaan di Gading Nias Residences tidak pernah dibahas. Semua warga saling menghormati agama dan kepercayaannya masing-masing. Karena itu, hampir tidak ada masalah SARA (suku, ras, dan agama) yang mencuat di kawasan Gading Nias Residences ini. ”Beda dengan rumah tapak, kalau di rumah susun ada RT/RW, PPPSRS, Badan Pengelola, dan LMK (lembaga musyawarah kelurahan) ini semuanya harus bersinergi positif. Kami bersyukur pemimpin-pemimpin bisa bekerja sama dengan baik. Warga di sini terdiri dari berbagai agama, kalau di atasnya rukun, di bawah juga pasti rukun,” tegasnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat