unescoworldheritagesites.com

Menhub Dorong Peningkatan Kolaborasi Layanan Angkutan Laut dan Logistik - News

Menhub  Budi Karya Sumadi mendorong terus peningkatan angkutan laut dan logistik.

: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meresmikan kapal KM Dharma Kencana V yang dioperasikan oleh PT Dharma Lautan Utama (DLU), di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Sabtu (18/5/2024).

Budi Karya mengatakan KM Dharma Kencana V ini merupakan kapal yang berlayar di lintasan antarpulau rute jarak jauh dari Surabaya ke Balikpapan. Menhub berharap kapal ini dapat mendukung kelancaran pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

"Kita tahu bahwa perencanaan pembangunan IKN, mengakibatkan terjadinya permintaan kebutuhan pembangunan dalam jumlah yang besar, dari berbagai daerah di Indonesia menuju ke wilayah pembangunan IKN. Di sinilah kapal dari Dharma Lautan Utama, memiliki peran yang sangat penting melalui penyediaan armadanya, khususnya dalam mendistribusikan logistik dari Surabaya," tuturnya.

Baca Juga: Naik 122.000 Pemudik, Posko Angkutan Laut Lebaran 2023 Resmi Ditutup

Secara umum Budi Karya Sumadi mendorong seluruh pemangku kepentingan, baik regulator maupun operator, untuk terus meningkatkan kolaborasi layanan angkutan laut dan logistik bagi masyarakat. Dia mengapresiasi komitmen yang diberikan para pemangku kepentingan dalam meningkatkan kolaborasi layanan tersebut.

"Suksesnya angkutan logistik, lebaran, dan liburan sekolah pada tahun 2024 ini merupakan hasil dari koordinasi yang solid antar berbagai pihak terkait. Karenanya saya mengapresiasi komitmen yang diberikan dan mendorong seluruh pihak terkait untuk terus meningkatkan kolaborasi layanan angkutan laut dan logistik melalui kerja sama, dedikasi dan profesionalitas," kata Menhub.

Baca Juga: Kemenhub Siap Antisipasi Lonjakan Penumpang Angkutan Laut

Kemenhub juga mendukung upaya pengelolaan arus lalu lintas dan distribusi logistik melalui angkutan laut, menjadi lebih efisien dengan berbasis inovasi teknologi.

"Kemenhub senantiasa mendukung upaya-upaya peningkatan kualitas transportasi dan logistik di Indonesia, khususnya pada angkutan laut. Kami berkomitmen untuk terus melakukan berbagai pembenahan serta inovasi teknologi, demi terciptanya sistem transportasi yang lebih baik, efisien dan berkelanjutan," katanya.

Ke depan, Menhub berharap seluruh pihak terus mempertahankan pelayanan yang prima kepada masyarakat pengguna jasa transportasi laut, melalui peningkatan kualitas armada kapal dan mutu sumber daya manusia, dengan tetap memprioritaskan keselamatan pelayaran. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat