unescoworldheritagesites.com

Deklarasi Tingkat Menteri di WWF ke 10 Hasilkan Pengesahan Usulan Indonesia Dalam Pengembangan Air - News

Word Water Forum (WWF) Ke-10 di Bali menghasilkan deklarasi tingkat menteri. Deklarasi tersebut mengesahkan sejumlah usulan Indonesia dalam pengembangan air. Deklarasi berhasil di ikuti  106 negara dan 27 organisasi internasional.

Word Water Forum (WWF) Ke-10 di Bali menghasilkan deklarasi tingkat menteri. Deklarasi tersebut mengesahkan sejumlah usulan Indonesia dalam pengembangan air. Deklarasi berhasil di ikuti  106 negara dan 27 organisasi internasional.

"Pembahasan deklarasi dilakukan dengan 3 mekanisme di markas besar unesco paris sejak november 2023 lalu," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono di Nusa Dua, Bali, Selasa (21/5/2024).

Menurut Basuki, deklarasi tersebut mengesahkan sejumlah usulan Indonesia dalam pengembangan air. Pertama, pendirian Centre of Excellence untuk ketahanan air dan iklim. Poin kedua, adalah pengelolaan sumber daya air secara terpadu, khususnya di pulau-pulai kecil yang menjadi kepentingan Indonesia dan negara-negara berkembang lainnya. Poin ketiga, ialah kesepakatan internasional melalui Sidang Majelis Umum PBB terkait dengan penetapan Hari Danau Sedunia (World Lake Day). “Ini akan menjadi satu legacy yang penting dari WWF ke-10 karena selama ini perhatian terhadap pengelolaan danau relatif kurang banyak,”katanya.

Baca Juga: Mikael Jasin, Brand Ambassador Arummi Cashew Milk Berhasil Menjuarai World Barista Championship (WBC) 2024 di Busan, Korea Selatan

Pemerintah, kata Basuki, berhasil mendapatkan komitmen sebanyak 113 proyek dibidang Sumber Daya Air senilai 9,4 miliar dolar AS atau setara Rp150 triliun. Proyek-proyek tersebut, merupakan daftar proyek yang potensial melalui pembiayaan bersama diluar anggaran pemerintah. Tujuan utama dari proyek tersebut menyangkut penyediaan air bagi masyarakat, hingga pengelolaan limbah domestik."Salah satu yang menjadi capaian pada forum ini adalah berhasilnya Indonesia menyusun daftar proyek terkait air yang menjadi andalan dari berbagai negara," ujar Basuki.

Di Indonesia sendiri, jelas Basuki, proyek tersebut diincar untuk pemenuhan penyediaan air minum bagi 3 juta rumah tangga. Selain itu, pengolahan air limbah domestik untuk 300 ribu rumah tangga. Adapun proyek-proyek tersebut, merupakan hasil deklarasi dari pertemuan tingkat Menteri pada acara World Water Forum ke-10 di Bali.

Baca Juga: Kemnaker Lakukan Evaluasi atas Pelaksanaan Program Desmigratif

Basuki menjelaskan air merupakan kebutuhan fundamental bagi kehidupan manusia. Disamping untuk kebutuhan konsumsi, kualitas air juga menentukan hasil dari produk pangan utama.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat