unescoworldheritagesites.com

Menhub, Pemda dan Pengelola Wisata Ingatkan Masyarakat agar Gunakan Bus Laik Jalan - News

Menhub Budi Karya Sumadi bersama Pemda dan pengelola wisata ingatkan masyarakat agar gunakan bus laik jalan.

: Memasuki libur panjang sekolah dan hari raya Idul Adha, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan ke Saloka Theme Park, Kabupaten Semarang, Minggu (16/6/2024).

Budi Karya Sumadi dalam kesempatan itu meminta Pemerintah Daerah (Pemda) dan pengelola tempat wisata untuk bersama-sama mengingatkan masyarakat akan pentingnya menggunakan bus laik jalan bersama pengemudi yang telah memenuhi syarat keamanan dan keselamatan.

Bus yang laik jalan adalah bus yang sudah melalui uji kendaraan berkala dan memiliki kelengkapan persuratan. Bus juga harus dikendarai oleh pengemudi yang berkapabilitas.  “Saya minta kepada Ibu Kepala Dinas Pariwisata dan General Manager Saloka Theme Park untuk menginformasikan ini kepada rombongan-rombongan. Adalah tugas bersama antara regulator dan pengelola wisata, untuk mengedukasi masyarakat agar saat datang ke tempat wisata menggunakan bus yang sudah di ramp check dan memiliki pengemudi yang baik. Karena menggunakan bus yang terpercaya dan pengemudi yang memiliki kapabilitas, biayanya tidak terlalu mahal,” ujar Budi Karya Sumadi, Minggu (16/6/2024).

Baca Juga: Langsung Dimakamkan, 13 Jenazah Korban Bus Wisata di Bantul Diantar ke Sukoharjo

Menhub mengatakan, kini masyarakat bisa memeriksa keamanan dan kelengkapan bus pariwisata secara mandiri, dengan memasukan nomor kendaraan pada web https://mitradarat.dephub.go.id. “Dengan begitu, masyarakat bisa ikut berperan mengecek kondisi bus,” ujarnya.

General Manager Saloka Theme Park Johannes Harwanto mengatakan, libur panjang menjadi salah satu waktu yang banyak dipilih masyarakat untuk berlibur, sehingga jumlah orang yang berwisata naik.

“Pada puncak libur sekolah, kunjungan mencapai 8.000 orang dengan sekitar 160-an bus. Untuk area parkir tersedia hingga 5 hektar dengan kapasitas 200 kendaraan sehingga secara kapasitas tidak membebani bahu jalan,” tutur Harwanto.

Baca Juga: Bus Wisata Rombongan Reuni SMA Kecelakaan, Empat Tewas Belasan Luka

Sebelumnya Menhub Budi Karya Sumadi bersama Kapolres Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu secara langsung melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap bus pariwisata yang berada di kawasan Wisata Baturaden, Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu (15/6/2024).

Budi Karya mengapresiasi kelengkapan surat bus pariwisata serta ketaatan masyarakat dan perusahaan operator bus pariwisata di kawasan wisata Baturaden. Kabupaten Banyumas diharapkan menjadi cerminan dan contoh bagi wilayah lain dalam mematuhi aturan yang ada.

"Saya khusus ke Purwokerto dan Baturaden, ini namanya sidak. Pak Kapolres juga baru diberi tahu tadi. Dari lebih dari dua belas kendaraan yang tadi dicek, hanya satu yang bermasalah, yaitu adanya plat hitam, yang mestinya plat kuning karena digunakan untuk angkutan umum," katanya.

Baca Juga: Untuk Mudahkan Bus Wisata Ke Museum Bahari, Perlu Kolong Jembatan KA Jl Tongkol Direkayasa.

Ke depan, Kemenhub bersama dengan Korlantas Polri akan terus melakukan pemeriksaan dan penegakan hukum terhadap bus-bus yang tidak laik jalan di berbagai wilayah seluruh Indonesia.

Budi Karya mengatakan, kegiatan pemeriksaan atau inspeksi bus pariwisata akan dilakukan secara sistematis dan intensif sehingga dapat menimbulkan efek jera bagi pelaku pelanggaran. "Kami tidak akan mencari kesalahan. Jika memang bagus seperti tadi akan kami puji. Satu pesan saya kepada Pak Kapolres, saat sidak jangan hanya sopir yang ditindak tetapi pemiliknya harus ditindak," tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat