unescoworldheritagesites.com

Demi Kenyamanan dan Kecepatan, BPTJ Bakal Tambah Lintasan Skybridge Bojonggede Tahun Depan - News

BPTJ tambah lintasan Skybridge di Stasiun Bojonggede.

 

Sebagai upaya memperpendek perjalanan penumpang di Stasiun Bojonggede, BPTJ berencana akan menambah lintasan Skybridge Bojonggede ke arah peron Jakarta. Rencana tersebut akan segera direalisasikan secepatnya pada tahun depan, mengingat ada beberapa pekerjaan yang perlu dilakukan pada tahun ini.

Saat ini, untuk menuju ke arah Jakarta, penumpang harus melintasi underpass dengan jarak yang cukup jauh dari pintu masuk hall skybridge. Perpindahan ini cukup menyita waktu perjalanan, sehingga diperlukan jalan pintas untuk memudahkan mobilitas penumpang.

Direktur Prasarana BPTJ, Zamrides, Jumat (2/2/2024) mengungkapkan tahun ini segera menyusun detail engineering design (DED) dan dilanjutkan dengan pembebasan lahan dari warga yang terdampak.

Baca Juga: Skybridge Bojonggede, Bogor, Diharapkan Dorong Peningkatan Layanan Angkutan Massal

“Kami perlu melakukan persiapan awal sebelum skybridge Bojonggede diperpanjang hingga peron yang mengarah ke Jakarta. Hal ini merupakan upaya kami mempersingkat waktu perjalanan pengguna komuter di Bojonggede. Untuk underpass akan kami berdiskusi terlebih dahulu dengan pihak PT. KCI seperti apa yang baik”, jelas Zamrides.

Untuk rencana luas, tentunya akan ada lahan milik warga yang terdampak. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor, Agus Ridallah menyampaikan bahwa Pemkab Bogor siap mendukung upaya pemerintah pusat dari sisi kesediaan lahan.

“Rencana pemeliharaan lahan seluas kurang lebih 300 meter persegi akan segera dilakukan, kami menunggu beberapa perhitungan pasti dari BPTJ Kementerian Perhubungan terkait kebutuhan lahan yang perlu dibebaskan nantinya melalui DED yang akan disusun pada tahun ini”, jelas Agus.

Baca Juga: Skybridge Bojonggede Diuji Coba untuk Umum

Selain perpanjangan Skybridge, pembenahan lain yang akan dilakukan adalah menutup area yang terputus dari Stasiun Bojonggede dengan Skybridge dengan kanopi oleh PT. KCI.

Direktur Komersial dan Operasi, Broer Rizal menyampaikan bahwa hal ini sudah lama dipertimbangkan. “Kami akan segera mempercepat pembangunan kanopi ini, jika tidak ada kendala yang diharapkan Semester I dapat segera terealisasi”, kata Broer.

Skybridge Bojonggede yang telah diresmikan pada tanggal 9 Desember 2023 oleh Menteri Perhubungan bersama Bupati Bogor, dan Walikota Bogor ini memiliki Panjang 243 meter.

Baca Juga: Keselamatan KA Dan Rencan Elektrifikasi Lintasan Commuter Line Bandung Raya

Berbeda halnya dengan skybridge yang berada di Jakarta, skybridge ini cenderung memiliki jarak tempuh yang tidak terlalu jauh. Beberapa contoh antara lain Skybridge Tanah Abang dengan Panjang 386,4 meter, Skybridge Velodrome 500 meter, Skybridge Lebak Bulus 307,5 ​​​​meter, dan Skybridge Velbak 450 meter.

Skybridge Bojonggede merupakan fasilitas integrasi yang dibangun oleh BPTJ Kementerian Perhubungan selama kurang lebih 2 tahun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat